In-depth

Apa Kabar Jendri Pitoy? Kiper yang Bawa Persipura Dua Kali Juara Liga Indonesia

Jumat, 17 April 2020 13:57 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Official Persipura
Jendri Pitoy (kedua dari kiri) bersama angkatannya yang membawa Persipura juara Liga Indonesia untuk pertama kali Copyright: © Official Persipura
Jendri Pitoy (kedua dari kiri) bersama angkatannya yang membawa Persipura juara Liga Indonesia untuk pertama kali

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura beruntung pernah diperkuat oleh salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, Jendri Pitoy. Lalu, apa kabarnya sekarang?

Kiper asal Sulawesi Utara ini mengawali kiprahnya bersama Persma Manado pada 2000 hingga 2001. Lalu, Jendri Pitoy hengkang ke Persikota Tangerang dan memperkuat klub berjuluk Bayi Ajaib itu di medio 2002 hingga 2004.

Adalah Rahmad Darmawan yang kemudian membawanya ke timur Indonesia untuk memperkuat Persipura Jayapura pada 2005 silam.

Bersama klub berjuluk Mutiara Hitam itu, Jendri sukses meraih gelar pertamanya sekaligus gelar juara pertama kalinya bagi Persipura di Liga Indonesia.

Kesuksesan kembali diraihnya bersama Persipura di kompetisi ISL musim 2008/2009 saat kepemimpinan Jacksen F Tiago. Kala itu, Persipura kembali sukses merengkuh gelar juara untuk kedua kalinya sepanjang sejarah klub.

Musim tersebut menjadi musim terakhirnya bersama Persipura sebelum ia memutuskan hijrah ke Perseman Manokwari mulai 2009 hingga 2010.

Setelahnya, ia melanglang buana ke sejumlah klub seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Persiram Raja Ampat, Bhayangkara FC hingga klub Liga 2 PSBS Biak.

Petualangannya sebagai pemain akhirnya berakhir setelah ia memutuskan gantung sepatu dan melanjutkan karier sebagai asisten pelatih di PSBS Biak dengan berbekal lisensi C AFC.

Sayang, kariernya di PSBS Biak tidak berlangsung lama, kabarnya permasalahan gaji menjadi alasannya hengkang dari klub Liga 2 asal Papua itu.

"Saya sudah ada lisensi C AFC dan sempat membantu PSBS Biak, tapi saya tidak sampai selesai di sana," ujar Jendri kepada INDOSPORT, Jumat (17/4/20).

Kini, kiper kelahiran Tomohon tahun 1981 ini melanjutkan kariernya di klub asal tanah leluhurnya, Sulut United, masih sebagai asisten pelatih di kontestan Liga 2 itu. Sebelumnya, ia sempat mengisi kekosongan waktunya di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

"Saat ini, saya ikut melatih di Sulut United sekarang. Tahun kemarin saya di Amerika," pungkasnya.

Jendri Pitoy, tak hanya dikenal sebagai salah satu penjaga gawang tersukses di Persipura. Tapi ia juga merupakan salah satu kiper terbaik di Indonesia. Ia pernah menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia di  SEA Games Kuala Lumpur 2001, SEA Games Hanoi 2003 dan Piala Asia 2007.