Bola Internasional

Termasuk Robertson, Berikut 4 Bek Sayap Paling Mengagumkan di Dunia

Jumat, 17 April 2020 20:26 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Daniel Chesterton/Offside/Offside via Getty Images
Termasuk pemain Liverpool, Andrew Robertson, berikut empat bek sayap paling mengagumkan di dunia. Copyright: © Daniel Chesterton/Offside/Offside via Getty Images
Termasuk pemain Liverpool, Andrew Robertson, berikut empat bek sayap paling mengagumkan di dunia.

INDOSPORT.COM - Dari Andrew Robertson hingga David Alaba, inilah empat bek kiri paling mengagumkan di dunia. 

Dalam sepak bola modern, peran bek kiri atau bek sayap sangatlah krusial, di mana tugas utama mereka untuk menjaga sektor pertahanan sayap.

Tak hanya itu, posisi ini juga bertugas maju membantu serangan tim dari sektor sayap dengan memberikan dukungan serangan maupun melalui umpan kepada penyerang serta berperan aktif dalam setiap pertandingan.

Dilansir dari Sportskeeda, berikut empat bek sayap paling mengagumkan di dunia.

1. Andrew Robertson

Karisma Andrew Robertson di lapangan membuat dirinya layak menjadi bek kiri terbaik nomor satu di dunia. Dirinya memfasilitasi penyerang untuk membuat kekacauan di pertahanan lawan. 

Kerja samanya dengan Trent Alexander-Arnold juga menjadi hal menyenangkan untuk disaksikan. Pemain asal Skotlandia itu menjadi kunci kesuksesan Liverpool baru-baru ni. 

Dengan membuat 25 assist sejak bergabung dengan The Reds pada 2017, sang pemain menjadi favorit para penggemar Liverpool.

2. David Alaba

Pemain berpaspor Austria itu memecahkan rekor setelah melakukan debut untuk Timnas pada usia 17 tahun. Alaba bisa dipasang di beberapa posisi, baik pertahanan maupun lini tengah. 

Namun, pemain berusia 27 tahun itu paling pas dipasang sebagai bek sayap. Permainan kecenya mulai terlihat sejak ia membela Bayern Munchen. 

Dirinya membangun kerja sama yang baik dengan Franck Ribery di sisi kiri. David Alaba juga berkontribusi dalam peraihan trofi Liga Champions 2012-2013.

3. Marcelo

Marcelo, yang tahun ini berusia 31, disebut-sebut bakal menjadi legenda lantaran permainan moncernya sebagai bek kiri di Real Madrid. Ia bahkan menjadi katalis yang membantu klub meraih trofi Si Kuping Besar. 

El Loco memiliki kesamaan gaya bermain dengan seniornya, Roberto Carlos. Sebagai bek kiri yang sudah mengabdi di Santiago Bernabeu selama 13 tahun, Marcelo sudah menyumbang 37 gol dan 96 assist. 

4. Jordi Alba

Jordi Alba menjadi pemain konsisten di barcelona dan menjadi kunci di Timnas Spanyol. Penampilan gemilangnya untuk Blaugrana membuat dirinya disebut sebagai bek sayap terbaik di LaLiga. 

Pada 28 Juni 2012, Alba resmi menandatangani lima tahun kontrak dengan Barcelona. Dia memulai debut resminya pada 19 Agustus pada tahun yang sama dan berlaga selama 90 menit.

Selain menjadi bek kiri, Jordi Alba juga sering dipasang sebagai gelandang kiri bila diperlukan.