Liga Indonesia

3 Pemain Luar Negeri yang Hanya Numpang Lewat di Persipura Jayapura

Minggu, 19 April 2020 05:36 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis:Yanto/Indosport
Logo klub Liga 1, Persipura Jayapura. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport
Logo klub Liga 1, Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Karier pemain luar negeri di Liga Indonesia bersama Persipura Jayapura tak selalu berjalan mulus. Mulai dari cedera maupun tak diperpanjang kontraknya menjadi alasan yang membuat para legiun asing tak bertahan lama di klub asal Ibu kota Papua itu.

Dari deretan nama pemain luar negeri yang pernah memperkuat Persipura, hanya ada David da Rocha, Victor Igbonefo dan Bio Paulin yang terbilang paling awet. Karier ketiganya bersama Persipura lebih dari lima musim.

Namun, dari sejumlah pemain Persipura yang berasal dari luar negeri, ada tiga nama yang hanya sekadar numpang lewat. Ketiga pemain ini bahkan bukan berstatus trial.

Siapa saja ketiga pemain asal luar negeri tersebut? berikut awak redaksi media olahraga INDOSPORT coba merangkumnya untuk anda.

Greg Nwokolo

Penyerang naturalisasi asal Nigeria ini datang ke Persipura pada putaran kedua kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016. 

Anehnya, saat baru berapa pekan direkrut, Greg Nwokolo malah kabur ke Persija Jakarta setelah hanya bermain sebanyak dua kali bersama Persipura.

Hengkangnya Greg dari Persipura itu menjadikannya sebagai pemain asal luar negeri pertama yang memperkuat Persipura hanya dalam waktu singkat.

"Greg adalah pemain yang bagus, tapi kesepakatan ini juga bagus karena bisa menjadi solusi bagi dia dan Persipura. Mungkin di lain waktu kami bisa menjalin kerja sama lagi. Kami berterima kasih kepada Greg atas kontribusinya," ujar Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano menanggapi hengkangnya Greg.

Wallacer de Andrade Medeiros 

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini didatangkan dari Brasil jelang kompetisi Liga 1 2019 atas rekomendasi pelatih Persipura kala itu, Luciano Leandro.

Meski sudah bermain sebanyak tiga kali bersama Persipura. Namun, penampilannya itu hanya di sebuah ajang tak resmi, turnamen pra musim, Piala Presiden. 

Beberapa hari jelang kompetisi Liga 1 2019 digelar, manajemen Persipura membuat sebuah pernyataan mengejutkan jika Wallacer tak jadi memperkuat Persipura di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Eks gelandang Persibo Bojonegoro di era Indonesia Premier League (IPL) itu hanya bertahan tiga bulan bersama skuat Persipura Jayapura.

Luis Pilar 

Penyerang asal Brasil ini didatangkan bersamaan dengan kompatriotnya, Wallacer de Andrade jelang kompetisi Liga 1 2019.

Usianya masih sangat muda, baru 21 tahun saat direkrut Persipura kala itu. Ia juga merupakan rekomendasi langsung dari sang pelatih, Luciano Leandro.

Striker jebolan klub Serie A Brasil itu hanya bermain sekali bersama Persipura di ajang pra musim, Piala Presiden.

Sayangnya, karena terkendala dokumen kala itu membuatnya tak bisa memperkuat Persipura di kompetisi Liga 1 2019. Ia dan rekannya, Wallacer pun harus kembali pulang ke negara mereka di Brasil.

Beda dengan Wallacer, Pilar hanya berada dua bulan di skuat Persipura. Ia datang pada Maret 2019 dan harus angkat koper lebih cepat di bulan Mei 2019.