Liga Indonesia

Berkelas, Parade 4 Gol Spektakuler Peter Odemwingie di Liga 1

Minggu, 19 April 2020 08:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Mantan marquee player Madura United di Liga 1 2017, Peter Odemwingie. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Mantan marquee player Madura United di Liga 1 2017, Peter Odemwingie.

INDOSPORT.COM - Peter Odemwingie bisa dibilang sebagai salah satu dari segelintir marquee player yang sukses di kompetisi Liga 1 saat PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberlakukan aturan ini pada edisi 2017.

Striker berkebangsaan Nigeria itu membuktikan kepantasan harga mahal yang dikeluarkan Madura United. Total 15 gol dan 8 assist dibukukan Odemwingie selama mengenakan seragam strip merah-putih.

Berikut INDOSPORT merangkum empat gol spektakuler eks striker timnas Nigeria di Piala Dunia 2010 tersebut. Deretan gol yang tercipta dari kualitasnya yang pernah mengorbit di Liga Inggris beberapa tahun sebelumnya.

Gomes de Oliveira sebagai pelatih Madura United di Liga 1 2017 pun tak segan memberikan pujian pada striker yang dianggapnya sebagai permata paling berharga dalam skuatnya.

"Peter Odemwingie itu pemain yang istimewa. Diamond of Madura United. Dia berjuang, bertahan, mencetak gol, dan membantu rekan setimnya," puji Gomes de Olivera kala itu.

1. Madura United vs Mitra Kukar 

Laga pada paruh pertama kompetisi itu memang tak berbuah tiga angka bagi Madura United, namun gol Peter Odemwingie menjadi pembuka yang fantastis di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, 28 April 2017.

Sang marquee player mengagetkan kini Mitra Kukar lewat gol pada menit kedua, melalui tembakan meriam nan mematikan selepas meneruskan umpan terobosan akurat dari lini tengah.

Sayangnya, gol kualitas tinggi itu gagal berujung tiga angka lantaran Madura United ditahan imbang 2-2. Torehan Odemwingie dilanjutkan oleh Dane Milovanovic (50'), sebelum dibalas dua gol Marclei Santos (24') dan Anindito Wahyu (81').

2. Madura United vs Barito Putera

Peter Odemwingie seperti sudah mendapatkan panggung dalam membuktikan kualitasnya. Memasuki menit ke-66, dia memperlebar keunggulan Madura United menjadi 3-1 via gol yang tak lepas dari kualitas individual.

Melanjutkan bola yang gagal dikuasai Greg Nwokolo, Odemwingie lantas berusaha merangsek ke kotak penalti. Dia mengecoh bek Barito Putera dengan dua kali keeping bola, sebelum mengakhirinya dengan sepakan keras ke tiang jauh gawang Adithya Harlan.

Sayang, Odemwingie gagal melengkapinya dengan gol kedua. Pada menit ke-85, dia gagal mengeksekusi penalti sehingga tak merubah skor 3-1, dalam laga tanpa penonton di Stadion Gelora Bangkalan, 5 November 2017.

3. Madura United vs Semen Padang

Menjamu Semen Padang mungkin menjadi laga paling sempurna bagi Peter Odemwingie. Dia membukukan hattrick sekaligus membawa Madura United mengemas kemenangan telak enam gol tanpa balas di Stadion Gelora Bangkalan, 13 Juni 2017.

Gol pertamanya terhitung fenomenal. Persis seperti gol ke gawang Barito Putera, Odemwingie melakukan akselerasi cepat dibumbui aksi keeping bola terhadapn bek lawan.

Menerima umpan lambung nan akurat Dane Milovanovic, dia mengakhirinya dengan tembakan akurat pada menit ke-18. Semakin sempurna setelah ia melengkapi dengan sepasang gol (43' dan 63'), sementara tiga gol lain diciptakan Greg Nwokolo (37', 66'), plus Bayu Gatra (69').

4. Persija Jakarta vs Madura United

Dari deretan gol berkelas miliknya, barangkali torehan ke gawang Persija Jakarta menjadi yang paling spektakuler. Bagaimana tingkat kualitas plus kecerdasan penempatan bola tersaji dalam proses gol Peter Odemwingie.

Berdiri tanpa pengawalan pada menit ke-69, Odemwingie sebenarnya masih bisa menggiring bola masuk ke area pertahanan lawan. Namun, striker Nigeria itu memilih langsung mengeksekusi menjadi gol.

Tembakan berkelas dari jarak sekitar 20 meter dilepaskan eks bomber Stoke City di Liga Inggris tersebut. Bola sebetulnya bisa ditebak arahnya oleh kiper Andritany Ardhiyasa, namun pantulan tanah membuat arahnya bergulir liar merobek jala gawang Persija.

Semakin istimewa lantaran gol itu menjadi satu-satunya pembeda hasil akhir pertandingan tandang di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, 4 Mei 2017.

Cuplikan masing-masing gol ada di link berikut:

Link: https://youtu.be/lgGCY53S_Xc