Liga Indonesia

Cara Unik Marc Klok Tingkatkan Kemampuan Diri

Senin, 20 April 2020 17:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gelandang klub Liga 1 Persija Jakarta, Marc Klok tetap berlatih keras meski tim dan kompetisi vakum sementara waktu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gelandang klub Liga 1 Persija Jakarta, Marc Klok tetap berlatih keras meski tim dan kompetisi vakum sementara waktu.

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 Persija Jakarta, Marc Klok tetap berlatih keras meski tim dan kompetisi vakum sementara waktu. Sempat merasa kesulitan, Klok bahkan menyewa pelatih pribadi untuk membantunya meningkatkan kemampuan.

Untuk meningkatkan dan mengembalikan kondisi fisik pasca cedera beberapa waktu lalu, Klok meminta bimbingan Charley Heus dari J&C Sportrevalidatie.

"Saya memiliki tujuan pribadi dan dalam beberapa hal, saya meminta saran dari spesialis tertentu. Saat ini saya sedang melatih fisik dengan pelatih pribadi,  bersama dengannya, saya bekerja untuk membentuk fisik saya sesuai dengan yang saya inginkan," katanya.

Tak hanya itu, Klok juga belajar membaca pola permainan lewat Tactalyse (semacam web/penyedia data analisa taktik dari Belanda). Ia mencoba menganalisa apa saja yang harus ditingkatkan atau dilakukan guna mencapai tujuannya. 

Meski telah mempelajari taktik sepak bola modern saat di FC Utrecht, Belanda, Klok mengakui sepak bola di Indonesia tidak gampang ditaklukan. Perbedaan pendekatan dan gaya bermain membuatnya harus beradaptasi dan belajar banyak selama di Liga Indonesia.

"Dengan Tactalyse, misalnya, saya sangat sadar, tujuan apa yang ingin saya capai dalam permainan. Apa yang ingin saya tingkatkan dalam satu musim? Tujuan mana yang ingin saya capai? Angka apa yang ingin saya capai dalam statistik pribadi saya? Bagaimana saya bisa meningkatkan kemampuan membaca situasi sebelum saya menerima bola? Ini sangat jelas bagi saya, dan itu sangat penting ketika anda ingin mencapai tujuan anda," tutupnya.

Saat ini, Klok sedang berada di Bali bersama kekasihnya. Ia memiliki rumah di pulau tersebut dan terus berlatih untuk menjaga kondisi selama masa pandemi virus corona.