Bola Internasional

Mengenang Strategi Tendangan Bebas Timnas Tajikistan U-17 yang Jenius

Senin, 20 April 2020 16:35 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© AFC
Selebrasi para pemain timnas Tajikistan usai lolos ke final Piala Asia U-16. Copyright: © AFC
Selebrasi para pemain timnas Tajikistan usai lolos ke final Piala Asia U-16.

INDOSPORT.COM - Proses tendangan bebas yang dilakukan oleh timnas Tajikistan di Piala Dunia U-17 hingga saat ini masih dianggap sebagai salah satu strategi jenius dalam menghadapi situasi bola mati.

Strategi tendangan bebas tersebut terlihat ketika Tajikistan menjalani laga pembuka Piala Dunia U-17 kontra Kamerun yang berlangsung tahun lalu.

Mereka menampilkan salah satu strategi tendangan bebas paling unik dan kreatif dalam laga tersebut. Tajikistan U-17 akan dikenang sebagai salah satu tim yang mampu berpikir out of the box kala menghadapi situasi bola mati.

Metodenya adalah sebagai berikut, tiga orang berdiri di sekitar bola. Tipuan umum yang juga biasa dilakukan oleh beberapa tim kala menghadapi situasi-situasi bola mati di area-area menguntungkan.

Wasit meniup peluit dan satu pemain Tajikistan berlari melangkahi bola, sedangkan satunya berlari melewati rekannya yang melangkahi bola tersebut.

Lalu, dua pemain yang tersisa di belakang memainkan satu-dua sentuhan yang sangat enak dilihat sebelum memberikan umpan pada temannya yang ada di depan. Hasilnya, para pemain Kamerun dalam laga tersebut seperti terbius akan kejeniusan skuat muda Tajikistan ini.

Meskipun belum bisa dikonversi menjadi gol oleh rekan setim di dalam kotak penalti, strategi jenius yang dilakukan oleh Tajikistan pada laga tersebut patut mendapatkan apresiasi dan acungan jempol dari para penikmat sepak bola.