Liga Inggris

On This Day: Wenger Resmi Mundur dari Kursi Pelatih Arsenal

Senin, 20 April 2020 20:09 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© tribuna.com
Pada hari ini, 2 tahun yang lalu (20/04/2018) Arsene Wenger secara mengejutkan memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Arsenal. Copyright: © tribuna.com
Pada hari ini, 2 tahun yang lalu (20/04/2018) Arsene Wenger secara mengejutkan memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Arsenal.

INDOSPORT.COM - Pada hari ini, 2 tahun yang lalu (20/04/2018) Arsene Wenger secara mengejutkan memutuskan untuk mengundurkan diri setelah duduk di kursi kepelatihan Arsenal selama 22 tahun.

Pelatih berjulukan Le Professeur ini mengawali karir kepelatihannya di Arsenal pada tahun 1996. Sebelumnya Wenger tercatat hanya pernah menukangi Nancy, AS Monaco, dan Nagoya Grampus Eight.

Wenger adalah salah satu pelatih yang memberikan fondasi permainan bagi Arsenal. Dua tahun selepas dia mengundurkan diri, banyak orang masih berharap The Gunners tetap tampil seperti saat mereka berada di bawah asuhan pelatih asal Prancis tersebut.

Dirinya berhasil menanamkan gaya bermain menyerang yang bertujuan memberikan hiburan sepenuhnya kepada para penonton. Selain itu, dirinya juga dikenal sebagai sosok pelatih yang selalu bisa memoles bakat-bakat muda.

Reputasi sebagai salah satu pelatih bertangan dingin yang mampu melahirkan bintang-bintang masa depan dunia telah dia dapatkan sejak dipercaya menjadi pelatih AS Monaco.

Hal tersebut terus berlanjut ketika dirinya menjadi pelatih Arsenal. Selama 22 tahun dinastinya, Arsenal terkenal sebagai salah satu klub yang selalu bisa melahirkan bakat-bakat ajaib calon bintang masa depan dunia.

Selama 22 tahun menukangi Arsenal, Wenger telah bermain dalam 1.235 pertandingan dan mencatatkan 707 kemenangan. Persentase kemenangan miliknya berada di angka 57,2 %.

Dirinya juga tercatat sebagai pelatih tersukses dalam gelaran Piala FA dengan 7 trofi. Di bawah Wenger, Meriam London juga berhasil menjadi tim yang mampu meraih gelar juara Liga Inggris tanpa terkalahkan satu laga pun. Membuat mereka lantas menadapat julukan The Invincibles.

Catatan yang membuat dirinya juga menjadi pelatih satu-satunya yang mempu mengantarkan gelar juara tanpa sekalipun kalah. Gelar juara yang didapatkan dengan rekor impresif tersebut terjadi pada musim 2003/04. Saat itu Arsenal dibawanya meraih 26 kemenangan dan 12 hasil imbang.

Kepergian Wenger dari Liga Inggris 2 tahun yang lalu sampai saat ini masih meninggalkan kekecewaan bagi para suporter Arsenal maupun para pecinta Liga Inggris.

Namun, pelatih yang dianggap sebagai rival abadi Sir Alex Ferguson ini tidak pergi begitu saja. Warisan fondasi permainan dan kebijakan pengembangan pemain muda yang membuat dirinya bersinar masih dapat terus kita saksikan di Arsenal hingga saat ini.