Liga Indonesia

Diduga Ada Aksi Orang Dalam, LIB Jelaskan Status Anak Cucu Somantri

Rabu, 22 April 2020 20:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ketum dan waketum PSSI terpilih, Iwan Bule (tengah), Cucu Soemantri (kiri), dan Iwan Budianto (kanan)/ Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ketum dan waketum PSSI terpilih, Iwan Bule (tengah), Cucu Soemantri (kiri), dan Iwan Budianto (kanan)/

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2, baru-baru ini mendapat sorotan. Pasalnya, ada nama baru di posisi general manajer yakni Pradana Aditya Wicaksana yang merupakan anak dari Cucu Somantri selaku direktur utama LIB.

Kondisi itu membuat ada dugaan ada unsur nepotisme dalam penunjukkan Aditya. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Pihak LIB melalui Hanif Marjuni selaku media dan public relation manager, menjelaskan sejauh ini belum ada surat keputusan (SK) soal jabatan Aditya. Seluruh manajemen LIB juga belum melakukan pembahasan soal hal itu karena sedang fokus menyelesaikan masalah lain setelah kompetisi dihentikan sementara akibat pandemi virus corona.

"Belum ada SK soal itu, jadi belum pasti," kata Hanif.

"Kantor telah diliburkan sejak ada imbauan pemerintah soal corona dan bisa jadi ada pembahasannya, tapi  belum ada soal itu. Sekarang kami fokus untuk menyelesaikan beberapa hal seperti subsidi klub, lalu dengan pihak sponsor setelah kompetisi dihentikan sementara," imbuhnya.

Jika dilihat rekam jejaknya, Aditya pernah memimpin sejumlah perusahaan. Mulai dari direktur CV Trimitra Global Indonesia, direktur utama CV Kujang Sakti, direktur utama CV Aditya Karya, direktur PT Putra Garuda Utama, dan direktur PT Warloka.

Aditya juga sempat maju sebagai calon Wakil Bupati Garut pada Pilkada Garut 2018 berpasangan dengan Agus Hamdani. Namun, ia gagal karena kalah suara dari Rudy Gunawan dan Helmi Budiman.

Membawa keluarga dalam lingkungan sepak bola juga dilakukan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia menunjuk adik iparnya, Maaike Ira Puspita, sebagai wakil Sekjen PSSI.