Bola Internasional

Jajal Klub Inggris, Bek Timnas Putri Indonesia Tersandung Regulasi

Kamis, 23 April 2020 15:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Setelah sempat mencuri perhatian klub luar negeri dan mengikuti seleksi bersama tim sepak bola Inggris, bek Timnas Putri Indonesia U-16, Shalika Aurelia Viandrisa mengaku saat ini masih terhalang regulasi untuk merumput di Eropa.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu Shalika Aurelia sempat bergabung dalam seleksi akademi tim West Ham United Girls' U-16 dan U-21. Tak sendiri, ia ditemani oleh koleganya di Timnas Putri U-16, Safira Ika Putri.

Cukup selangkah lagi bagi pesepakbola kelahiran Jakarta itu untuk berkarir di Inggris, dan menjadi pesepakbola wanita pertama asal Indonesia yang merumput di kompetisi luar negeri.

Sayangnya, meski hasil seleksi Shalika Aurelia cukup bagus untuk level pesepakbola putri, ia belum bisa bergabung dengan West Ham United lantaran terkendala usia yang belum memenuhi standar berkarir di Eropa.

"Saya sangat senang pernah dikasih kesempatan untuk bermain dengan West Ham U-16 dan U-21. Sayangnya dikarenakan kendala regulasi Premier League, saya belum memenuhi syarat umur, karena saya berasal dari luar Eropa," ucap Shalika saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Namun, pesepakbola 16 tahun itu tak berkecil hati. Shalika masih rutin berlatih mandiri di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, untuk menjaga kondisi fisiknya tetap prima. Alasannya, tentu saja untuk mencuri perhatian talent scouting lainnya di luar negeri.

"Sekarang saya sedang dipantau oleh beberapa klub. Saya tidak akan menyerah dan saya akan terus berusaha untuk berkarir di luar negeri," pungkasnya.

Perlu diketahui, Shalika Aurelia Viandrisa adalah salah satu pilar andalan Timnas Putri Indonesia U-16 di ajang Piala AFF Women's Championship 2019 di Thailand. Sayangnya, saat ini Timnas Putri juga belum bisa berlatih kembali lantaran pandemi Covid-19.

Padahal, Indonesia sendiri hampir dipastikan sebagai tuan rumah Piala AFF Putri U-18 2020. Sesuai dengan keputusan PSSI, ajang prestisius ini nampaknya harus ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.