Liga Indonesia

Terungkap Rahasia Kesalahan Nama Menahun Mantan Kapten Arema FC

Kamis, 23 April 2020 07:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yohanes Ishak
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
I Putu Gede Swi Santoso, mantan kapten klub Liga 1, Arema FC. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
I Putu Gede Swi Santoso, mantan kapten klub Liga 1, Arema FC.

INDOSPORT.COM - Mantan kapten Arema FC, I Putu Gede menjadi "bukti" mengapa wikipedia tak bisa dijadikan sumber penelitian akademik. Ternyata, sudah bertahun-tahun namanya salah dan terlanjur digunakan referensi banyak sumber.

Banyak orang mengira nama panjangnya adalah I Putu Gede Dwi Santoso. Padahal, dalam pengertian masyarakat Bali, I Putu Gede berarti anak laki-laki pertama. 

Sementara dalam pengertian masyarakat Jawa, Dwi artinya dua. Bila digunakan sebagai nama, artinya Dwi merupakan anak kedua. Inilah kesalahan yang sudah menahun bertahan di internet.

"Saya itu anak pertama, makanya dikasih nama Putu Gede. Lengkapnya I Putu Gede Swi Santoso. Swi itu nama orang tua. Saya juga bingung siapa yang kasih nama Dwi," ucap I Putu Gede, Rabu (22/4/20).

I Putu Gede lahir dari orang tua asli Bali. Maka dari itu, namanya pun kental dengan budaya Bali. Namun, I Putu Gede tak lahir di Denpasar, seperti tertulis dalam wikipedia maupun sejumlah sumber yang terlanjut mengutip data dari wikipedia.

"Saya lahir di Surabaya. Nama Santoso itu diambil dari rumah sakit tempat saya lahir di Surabaya. Dari kecil juga di Surabaya. Saya malah belum pernah bermain untuk tim dari Bali," jelas I Putu Gede yang kemudian tertawa.

I Putu Gede menanti kesempatan suatu saat bisa melatih tim Bali. Pelatih Putra Sinar Giri (PSG) Gresik ini juga selalu memantau perkembangan sepak bola Bali dari tahun ke tahun. Dia senang kehadiran Bali United membuat sepak bola Pulau Dewata bergairah.