Liga Indonesia

Sosok yang Kenalkan Teco ke Sepak Bola di 3 Benua

Kamis, 23 April 2020 18:17 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
Gildo Rodrigues merupakan sosok paling berjasa yang mengenalkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, pada sepak bola. Copyright: © INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
Gildo Rodrigues merupakan sosok paling berjasa yang mengenalkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, pada sepak bola.

INDOSPORT.COM - Gildo Rodrigues merupakan sosok paling berjasa yang mengenalkan Stefano Cugurra Teco pada sepak bola. Mantan pelatih Kuwait itu mengenalkan Teco pada sepak bola di tiga benua berbeda.

Gildo merupakan salah satu pelatih sukses asal Brasil. Dia pernah menjadi pelatih Timnas Ghana, Liberia dan Kuwait. Di level klub, Gildo pernah melatih Porto Alegre, Al Riyadh, Al Wahda hingga terakhir di Persebaya Surabaya.

Pengalaman melatih di Benua Amerika, Afrika dan Asia menjadi berkah bagi sang putra, Teco. Saat ikut sang ayah bekerja sebagai pelatih, Teco perlahan mulai mencintai sepak bola.

"Saya dapat banyak ilmu dari papa saya. Dapat banyak program latihan metodologi dari Brasil. Paling penting, saya suka sepak bola dari papa saya. Saya ikut dia di Kuwait, Liberia, Arab Saudi, Bahrain hingga USA," ucap Teco, Kamis (23/4/20).

Momen ini coba diterapkan pada sang putra pertama, Romario. Teco kerap mengajak sang putra hadir dalam sesi latihan. Saat akhir laga, Romario juga diajak masuk lapangan. Momen ini diunggah Teco dalam instastorynya.

"Itu foto saya di Portugal saat ikut latiha dari Timnas Kuwait. Sementara foto Roma di Thailand ikut latihan dari Navy FC," tutur Teco.

Kini, Teco mulai mengejar kesuksesan sang ayah. Sebagai pelatih kepala, Teco sukses membawa Persija Jakarta dan Bali United menjadi juara Liga 1. Tinggal menunggu waktu bagi Teco untuk melatih sebuah tim nasional, terutama Indonesia.