Liga Indonesia

Komentar Teco Soal Fisik Pemain Indonesia di Bali United

Sabtu, 18 April 2020 19:48 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 Bali United, Stefano Cugurra Teco, tak khawatir dengan fisik pemain Indonesia. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 Bali United, Stefano Cugurra Teco, tak khawatir dengan fisik pemain Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, tak khawatir dengan fisik pemain Indonesia. Buktinya, skuat Serdadu Tridatu bisa tampil konsisten selama Liga 1 2019 lalu.

Banyak klub menyoroti kualitas fisik pemain Indonesia ketika berlaga di event internasional. Salah satu yang getol menyuarakan soal fisik adalah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut sempat menyebut bahwa kondisi fisik dan teknik para pemain Timnas Indonesia sama dengan permainan anak sekolah dasar.

Pendapat berbeda coba diberikan oleh Teco yang menilai fisik pemain Indonesia di Bali United cukup bagus. Tim pelatih Bali United menggunakan tiga kali tes fisik untuk kesiapan menatap kompetisi semusim.

"Saya tidak boleh berkomentar dari klub lain, tapi di Bali United tahun lalu pakai tiga tes fisik. Satu waktu pre season, satu sebelum kompetisi, dan satu mulai putaran kedua. Dari tes itu, mayoritas pemain punya kondisi bagus," ucap Teco, Sabtu (18/4/20).

Teco pun membuktikan selama kompetisi. Dengan formasi 4-2-3-1, Teco menuntut seluruh pemain untuk dinamis dalam bergerak. Para pemain belakang bisa membantu penyerangan. Sementara penyerang bisa membantu pertahanan.

"Saat liga pemain bisa stabil di semua pertandingan," tutur Teco.

Untuk menyiapkan fisik, Teco dibantu Yogi Nugraha. Pelatih fisik asal Jakarta ini sudah kerja sama dengan Teco sejak di Persija Jakarta. Ketika Teco ke Bali United, Yogi Nugraha ikut diikat.