Liga Inggris

Ederson Jadikan Kiper Pencetak Gol Terbanyak Sebagai Panutan

Jumat, 24 April 2020 15:31 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© Laurence Griffiths/Getty Images
Penjaga gawang Manchester City, Ederson, menjadikan penjaga gawang dengan gol terbanyak, Rogerio Ceni, sebagai idolanya Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Penjaga gawang Manchester City, Ederson, menjadikan penjaga gawang dengan gol terbanyak, Rogerio Ceni, sebagai idolanya

INDOSPORT.COM - Kiper Manchester City, Ederson, menjadikan sosok Rogerio Ceni yang merupakan penjaga gawang dengan gol terbanyak di dunia sebagai inspirasi dalam bermain.

Dilansir dari laman Squawka, Ederson menancapkan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia sejak bergabung dengan Man City dari Benfica pada 2017 silam. Dalam 99 penampilan di Liga Inggris, ia hanya kebobolan 73 gol dan mencetak 60 clean sheets.

Meski berposisi sebagai kiper, Ederson nyatanya tak mengidolai penjaga gawang dengan catatan clean sheets terbanyak. Justru bintang Manchester City ini mengidolai Rogerio Ceni yang notabene kiper dengan catatan gol terbanyak di dunia.

"Rogerio Ceni selalu menjadi inspirasiku (dalam bermain). Ketika saya bermain di sekolah, saya tak memiliki idola. Bahkan saya tak menyukai sepak bola.

"Lalu saya mengikuti jejak saudara dan teman-temanku. Saya mulai bermain dan menjadi kiper. Sejak itu saya mulai mengikuti Rogerio Ceni," ujar Ederson.

Rogerio Ceni merupakan kiper asal Brasil yang mampu menorehkan catatan di luar nalar. Pasalnya ia mampu mencetak 131 gol dalam 23 tahun karier sepak bolanya.

Bukan tidak mungkin jika Ederson suatu saat akan mengikuti jejak Rogerio Ceni. Terlebih pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berhasrat mendapuknya sebagai penendan penalti pertama The Citizens.