Liga Indonesia

Ronny Pasla, Kiper Legenda PSMS yang Pernah Tepis Penalti Pele

Jumat, 24 April 2020 10:38 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Dok. Indra Efendi Rangkuti
Kiper legendaris PSMS Medan dan Timnas Indonesia, Ronny Pasla. Copyright: © Dok. Indra Efendi Rangkuti
Kiper legendaris PSMS Medan dan Timnas Indonesia, Ronny Pasla.

INDOSPORT.COM - PSMS Medan cukup dikenal dengan memberikan kontribusi pemain-pemain berbakat untuk untuk penggawa Timnas Indonesia, termasuk untuk posisi penjaga gawang.

Sejumlah nama penjaga gawang yang pernah memperkuat Timnas Indonesia seperti Ponirin Meka, Sahari Gultom hingga Markus Horison, pernah berseragam PSMS Medan, yang kini berlaga di Liga 2 2020.

Namun, tahukah Anda bahwa jauh sebelum munculnya nama-nama kiper tersebut, PSMS juga pernah mengorbit kiper handal untuk Timnas. Sosok tersebut adalah Ronny Pasla.

Mungkin nama ini agak asing di telinga anda terutama generasi tahun '80-an, '90-an hingga generasi melenial saat ini. Namun, bila para generasi '60 sampai '70-an pasti mengenal sosoknya. Dia adalah kiper legendaris Timnas Indonesia yang lihai mengantisipasi ancaman-ancaman yang ditebarkan lawan.

Kehebatannya membuat dirinya sangat disegani kawan maupun lawan, mereka menjuluki pria ini sebagai Si Macan Tutul. Bagi yang ingin mengenalnya lebih jauh, berikut INDOSPORT coba rangkum fakta-fakta sang legenda.

1. Pemain Kelahiran Medan Berdarah Manado

Ronny Pasla adalah pemain kelahiran Medan, 15 April 1947, yang memiliki darah Manado. Anak dari Felix Pasla ini pernah berkiprah sebagai kiper Timnas Indonesia pada 1966 sampai 1985.

"Prestasi individu yang pernah ia raih seperti Piagam dan Medali Emas dari PSSI (1968), Atlet Terbaik Nasional (1972) dan Penjaga Gawang Terbaik Nasional (1974). Itu ia mulai karier sepak bolanya dari Medan," kata pemerhati PSMS, Indra Efendi Rangkuti, kepada INDOSPORT.

2. Prestasi bersama PSMS dan Timnas

Selama berkiprah di PSMS, Ronny dan rekan-rekannya meraih prestasi sebagai Juara Piala Suratin (1967), Juara Kejurnas PSSI (1967, 1969 dan 1971), Juara Aga Khan Gold Cup (1967), Juara Soeharto Cup 1972, Juara Marah Halim Cup 1972 dan 1973 dan Semifinalis Liga Champions Asia 1970 (dulu masih bernama Asian Club Championship).

"Dia meraih prestasi bersama legenda-legenda PSMS lainnya seperti Tumsila, Sarman Panggabean hingga Wibisono. Ronny juga turut membawa Tim Sumut merebut emas PON 1969," ungkap Indra.

Sementara itu, kiprahnya sebagai penjaga gawang andalan Timnas turut mengukir sejumlah prestasi seperti juara King's Cup di Thailand (1968), Juara Merdeka Games (1969), Peringkat III Saigon Cup (1970), Juara Pesta Sukan Singapura (1972), Juara Djakarta Anniversary Cup 1972.

3. Sebelum Kiper, Ronny Merupakan Atlet Tenis

Sebelum menjadi pemain sepak bola sebagai kiper, Ronny lebih awal meminati olahraga tenis. Bahkan, ia sempat meraih juara pada Kejuaraan Tenis Nasional Tingkat Junior di Malang, 1967.

"Namun, ayahnya lebih menyarankan Ronny ke sepak bola. Jadilah dia andalan di klub Dinamo Medan, Bintang Utara Medan dan PSMS Medan. Kemudian hijrah ke Persija Jakarta dan Indonesia Muda, Jakarta," lanjut Indra.

4. Menepis Tendangan Legenda Brasil, Pele.

Selama karier sebagai kiper tentu banyak pengalaman Ronny yang amat berkesan. Salah satu di antaranya, saat Timnas Indonesia menghadapi klub asal Brasil, Santos, yang diperkuat pesepak bola legendaris Pele.

"Kala itu, Santos dengan Pele-nya tur ke Asia termasuk Indonesia menghadapi Timnas pada 24 Juni 1972. Kendati di laga itu Timnas kalah 2-3, Ronny berhasil menahan eksekusi penalti Pele," beber Indra.

5. Pensiun dan Tenis

Jika pada umumnya pemain sepak bola pasca pensiun tak jauh-jauh menggeluti dunia yang telah membesarkannya seperti menjadi pelatih sepak bola, namun pemain yang memiliki tinggi 183 cm ini lebih banyak berkecimpung ke olahraga yang sempat digeluti sebelumnya yakni tenis.

"Setelah pensiun dari dunia sepak bola pada usia 38 tahun di Indonesia Muda (IM), Jakarta, Ronny lebih banyak menggeluti olahraga tenis sebagai pelatih. Bahkan, dia memiliki sekolah tenis bernama Velodrom Tennis School di Jakarta," pungkas Indra.