Bola Internasional

Shin Tae-yong Ternyata Pernah Jadi Kiper Dadakan

Jumat, 24 April 2020 20:19 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COMShin Tae-yong ternyata pernah memiliki pengalaman unik karena sempat bermain sebagai kiper dalam salah satu laga resmi di Liga Korea (K-League).

Dilansir dari Sports Seoul, kejadian tersebut terjadi pada 27 Juli tahun 2003 yang lalu. Saat itu, dirinya terpaksa berperan menjadi kiper Seongnam Ilhwa Chunma FC karena kiper utama mereka, Kim Hae-Woon mengalami cedera di babak kedua.

Tae-yong saat ini menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia adalah salah satu sosok legendaris di Liga Korea, tampil sebanyak 401 kali dirinya tercatat berhasil mencetak 99 gol dan 68 umpan sepanjang kariernya di Seongnam dari tahun 1992 sampai dengan tahun 2004.

Saat itu, Seongnam sedang unggul 3-0 di babak pertama. Ketika secara tiba-tiba kiper mereka dalam laga tersebut harus mengalami cedera.

Shin Tae-yong kemudian menjalani debut sebagai kiper Seongnam pada laga tersebut. Penampilannya di bawah mistar bisa dikatakan bagus. Dirinya berhasil melakukan 2 penyelamatan penting dalam pertandingan tersebut.

Laga tersebut menjadi unik, pasalnya di babak pertama eks pelatih timnas Korea Selatan tersebut berhasil mencetak gol dan di babak kedua dirinya tampil sebagai kiper serta melakukan penyelamatan.

Tae-yong sendiri adalah salah satu pesepakbola yang nyaris menghabiskan sepanjang kariernya di satu klub. Menjalani debut dengan Seongnam pada tahun 1992, dirinya tetap berada di sana hingga 12 tahun kemudian.

Setelah itu, Tae-yong hijrah ke Liga Australia (A-League) untuk membela Queensland Roar. Meskipun hanya bermain sekali dan memutuskan untuk gantung sepatu akibat cedera engkel yang dideritanya.

Tae-yong juga sampai saat ini tercatat sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dilahirkan Korea Selatan. Catatan 99 golnya di Liga Korea membuatnya masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak di sana.