Bola Internasional

Simic Tak Dipanggil, Eks Persija di Timnas Kroasia pernah Raih Hasil Buruk

Jumat, 24 April 2020 21:26 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Lanjar Wiratri
©
Ivan Bosnjak, eks Persija Jakarta yang pernah main di Piala Dunia. Copyright: ©
Ivan Bosnjak, eks Persija Jakarta yang pernah main di Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Eks Pemain Persija Jakarta, Ivan Bosnjak pernah dipanggil ke Timnas Kroasia untuk bermain di Piala Dunia 2006 dan meraih hasil buruk.

Sebelum bergabung ke Persija, Ivan Bosnjak pernah membuat sial Timnas Kroasia di Piala Dunia 2006. Bosnjak sendiri adalah salah satu nama yang masuk dalam skuat Timnas Kroasia.

Dilansir dari Dreamteamfc.com, pada gelaran Piala Dunia 2006, Kroasia berada satu grup dengan Brasil, Australia, dan Jepang. Melihat pesaingnya, Kroasia berada di atas kertas untuk lolos fase grup menemani Brasil.

Akan tetapi, hal itu nyatanya tak terjadi. Kroasia mengalami kekalahan dari Brasil dan hanya imbang saat melawan Jepang dan Australia. Sehingga, mereka harus angkat koper lebih dulu, sedangkan Australia yang melaju ke babak berikutnya menemani Brasil.

Sebagai informasi, Ivan Bosnjak sempat merumput dengan Persija Jakarta pada 2014 lalu. Meski begitu, Bosnjak yang memiliki pengalaman bermain di Piala Dunia tidak bisa memberikan pengaruh besar bagi Macan Kemayoran.

Dalam 14 pertandingan, Ivan Bosnjak hanya membukukan catatan empat saja. Alhasil, Persija hanya bertengger di posisi kelima Grup Barat dan tak lolos ke babak selanjutnya.

Melihat performa Ivan Bosnjak ini bisa dikatakan ironis. Pasalnya, jika dibandingkan Bosnjak dan pemain Kroasia di Persija saat ini, yakni Marko Simic sangat berbeda. Simic memiliki pengaruh yang besar untuk Persija.

Marko Simic sendiri merupakan pemain yang belum merasakan dipanggil Timnas Kroasia di ajang bergengsi. Namun, ketika ia bermain untuk Persija dampaknya sangat besar.

Sayang, hanya bermain di Liga Indonesia yang levelnya jauh berada di bawah kompetisi Eropa membuat Simic yang pernah bermain untuk Tim Kroasia U-21 tak bisa bergabung dengan tim senior.

"Zlatko Dalic dan Drazen Ladic adalah pelatih saya di timnas Kroasia U-21. Mereka sempat memberi selamat atas pencapaian saya di Asia dan mengaku selalu mengikuti perkembangan saya melalui media," ujar Simic.

"Dia kecewa karena saya bermain di Asia, bukan di liga yang lebih baik dan kompetitif (Eropa). Untuk itu saya tidak pernah memaksakan diri untuk kembali ke timnas Kroasia," pungkasnya.

Pada Liga 1 2018, Marko Simic sukses mengantarkan Persija menjadi juara. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak di skuat Macan Kemayoran saat itu. Bahkan Simic juga menjadi top skor di Liga 1 2019 dengan mengemas 28 gol dalam semusim.