Liga Indonesia

Andai WNI, Deretan Pentas yang Bisa Diikuti Marko Simic di Timnas Indonesia

Sabtu, 25 April 2020 14:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persija
Bintang Persija Jakarta, Marko Simic, dikabarkan tertarik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © Media Persija
Bintang Persija Jakarta, Marko Simic, dikabarkan tertarik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Berikut deretan pentas internasional yang bisa diikuti Marko Simic di timnas Indonesia jika yakin ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Rumor keinginan Simic jadi WNI terlontar secara gamblang lewat sebuah wawancara dengan media massa Eropa, tepatnya Kroasia, Jutarnji, belum lama ini.

"Saya bisa saja mendapatkan paspor Indonesia dalam waktu dekat dan bermain untuk tim nasional mereka," ujar Simic, Rabu (22/4/20).

Lebih lanjut, striker berusia 32 tahun itu juga menjelaskan kalau menjadi WNI bakal menerima keuntungan yang dapat membantunya dalam membahagiakan keluarga.

"Hal tersebut akan membantu saya dalam menolong keluarga saya secara finansial," papar Marko Simic.

Meski berhasrat untuk berkelana ke beberapa negara Asia lainnya, tapi Simic bertekad ingin menyudahi karier bersama Persija.

Ketertarikan Simic menjadi WNI pun kembali merebak usai pada awal 2018 lalu dirinya mengungkapkan hasrat siap naturalisasi jika dibutuhkan timnas Indonesia.

Simic didatangkan Persija pada akhir Desember 2017. Menurut situs Transfermarkt, kontraknya baru berakhir pada 30 Januari 2023 mendatang.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018.

Sederet gelar individual hingga beberapa trofi piala turut dirasakan Simic bersama Persija. Hal tersebut kemungkinan masih bisa bertambah ke depannya.

Kabar ini membuat ketertarikan pemain asing menjadi WNI semakin banyak. Sebelumnya, ada striker PSIS Semarang kelahiran Brasil, Bruno Silva, yang juga tertarik.

Bahkan rekan Simic di Persija, Marc Klok, saat ini masih menunggu tahap final saja dari proses naturalisasi yang telah diajukan sejak lama.

Teranyar ada striker Tira-Persikabo, Silvio Escobar, yang baru saja mendapatkan status WNI pada awal Januari 2020 usai melewati proses lumayan panjang.

Artinya, jika Simic turut menjalankan aturan dalam mendapatkan status WNI dari pemerintah Tanah Air, tak menutup kemungkinan dirinya bisa membela Timnas Indonesia.

Akan tetapi hal tersebut harus dibuktikan dengan ketajaman Simic dalam berkarier di Indonesia dalam lima musim secara beruntun.

Jika Simic sukses melewati itu semua dan resmi menjadi WNI, maka pemain yang lahir 23 Januari 1988 silam ini akan berusia kurang lebih 35 atau 36 tahun.

Di usia tersebut, jika Simic masih tokcer dalam mencetak gol (seperti halnya Beto Goncalves), dirinya bisa saja turut berseragam Timnas Indonesia.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi Marko Simic dihadang dua pemain Song Lam. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi Marko Simic dihadang dua pemain Song Lam.

Simic diprediksi bisa tampil di kejuaraan SEA Games 2023 mendatang bersama timnas Indonesia U-23 lantaran ajang tersebut memperbolehkan tiga pemain senior ambil bagian.

Selain itu, Marko Simic juga bisa turut mentas Piala Asia 2023 bersama timnas Indonesia lewat jalur play-off lantaran gagal total di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Terakhir, kemungkinan Simic masih bisa turun di ajang Piala AFF 2024 mendatang. Itu pun jika dirinya masih dipercaya menjadi andalan timnas Indonesia.

Meski begitu, ditekankan kembali jika Simic ingin mewujudkan hasratnya menjadi WNI, dia bisa disebut sebagai striker yang sudah uzur secara usia.