Liga Inggris

On This Day: Invincible Arsenal Pastikan Gelar Juara Liga Inggris

Sabtu, 25 April 2020 17:54 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Tanggal 25 April 2004 menjadi hari yang bersejarah bagi klub Liga Inggris, Arsenal. Copyright: © Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Tanggal 25 April 2004 menjadi hari yang bersejarah bagi klub Liga Inggris, Arsenal.

INDOSPORT.COM – Tanggal 25 April 2004 menjadi hari yang bersejarah bagi klub Liga Inggris, Arsenal. Ketika itu, mereka memastikan diri meraih gelar Liga Inggris ke-13 mereka.

Arsenal memang sudah lama tidak meraih gelar juara Liga Inggris, setelah terakhir kali memenangkannya pada musim 2003/2004. Namun, ketika itu Thierry Henry dkk meraih gelar itu dengan cara yang spektakuler, yakni tanpa mengalami satu kekalahan pun sepanjang musim.

Kepastian Arsenal meraih gelar juara liga pada saat itu pun dilakukan secara istimewa, yakni di kandang Tottenham Hotspur yang merupakan rival sekota mereka.

Ketika itu, pada tanggal 25 April 2004, Arsenal bertandang ke White Hart Lane yang merupakan kandang dari Tottenham. Anak asuh Arsene Wenger datang semangat tinggi karena mereka hanya membutuhkan 1 poin untuk menyegel gelar juara liga setelah pesaing mereka, Chelsea ditundukkan oleh Newcastle United.

The Gunners pun langsung tampil ganas sejak menit pertama. Akibatnya, The Gunners sudah unggul 2-0 ketika pertandingan babak pertama berakhir lewat gol Patrick Vieira dan Robert Pires.

Unggul dua kosong membuat Arsenal tampil lengah di babak kedua. Tottenham yang tidak ingin kandangnya dijadikan lokasi pesta Arsenal mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat Jamie Redknapp dan Robbie Keane.

Namun, upaya Spurs untuk membalikkan keadaan kandas pada kokohnya pertahanan Arsenal. Akibatnya, pertandingan berakhir dengan skor 2-2 dan tambahan 1 angka itu pun memastikan Arsenal mengunci gelar juara liga.

Hebatnya lagi, Arsenal yang hingga saat itu belum mengalami 1 kekalahan pun di liga, pada akhirnya mampu menjalani sisa 4 pertandingan musim itu tanpa kekalahan. Sehingga, mereka pun resmi menjadi tim pertama yang menjuarai Liga Inggris tanpa menelan 1 kekalahan pun dan meraih status invincibles.

Sebagai penghargaan, penyelenggara Liga Inggris pun kemudian memberikan trofi khusus yang berlapis emas kepada Arsenal atas prestasi luar biasa tersebut.

Sayangnya, gelar itu kemudian menjadi gelar terakhir Arsenal di pentas Liga Inggris. Hingga kini, 16 tahun kemudian, The Gunners masih gagal menambah gelar di kompetisi tersebut.

Meski demikian, Arsenal patut berbangga karena rekor juara tanpa terkalahkan mereka masih belum dapat disamai tim lain. Liverpool yang musim ini tampil dominan dan digadang akan menyamai prestasi Arsenal pun gagal setelah dikalahkan Watford 0-3 akhir Februari lalu.