Liga Indonesia

Juga Gonzales, 5 Pemain Sepak Bola Mualaf Pernah Bela Persib Bandung

Minggu, 26 April 2020 17:36 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Ada 5 Pemain sepak bola beragama Islam atau mualaf yang pernah membela klub Liga 1 Persib Bandung, termasuk Cristian Gonzales. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Ada 5 Pemain sepak bola beragama Islam atau mualaf yang pernah membela klub Liga 1 Persib Bandung, termasuk Cristian Gonzales.

INDOSPORT.COM - Ada 5 Pemain sepak bola beragama Islam atau mualaf yang pernah membela klub Liga 1 Persib Bandung, termasuk Cristian Gonzales.

Kompetisi sepak bola tertinggi nasional selalu menghadirkan pemain asing dari berbagai macam negara. Mereka turut mewarnai jaga si kulit bundar Indonesia.

Era terdahulu cukup longgar dalam penggunaan pemain asing. Terpenting, klub tersebut sanggup untuk membayar gaji sang legiun luar negeri (meski ada yang menunggak juga).

Kini, memasuki edisi Liga 1, klub hanya memperbolehkan mengontrak empat pemain asing dengan tiga dari negara bebas dari satu kawasan Asia (3+1).

Tak jarang sebagian dari mereka ada yang awet di Indonesia ataupun hanya sekadar mampir saja. Mereka juga kerap kali belajar budaya di Tanah Air.

Terlebih, Indonesia terkenal dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam. Hal ini tak jarang membuat para pemain asing ini mantap menjadi mualaf.

Mereka tak ragu melepas keyakinan lama dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Kepindahan agama ini ditengarai akan lingkungan sekitar.

Nah, berikut ini deretan pemain mualaf yang ternyata pernah membela Persib Bandung. Siapa saja mereka?

1. Abanda Herman

© simamaung.com
Mantan pemain Persib Bandung asal Kamerun Abanda Herman. Copyright: simamaung.comMantan pemain Persib Bandung asal Kamerun Abanda Herman.

Mantan bek kelahiran Kamerun Abanda Herman menjadi salah satu pemain asing mualaf yang pernah membela Persib Bandung selama dua musim (2011-13).

Abanda memutuskan memeluk agama Islam sejak April 2013 lalu usai mendapatkan kedamaian saat melihat rekan-rekannya di Persib hendak salat berjamaah.

2. Esteban Vizcarra

© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizarra saat konferensi pers seusai pertandingan menghadapi Kalteng Putra di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTGelandang Persib Bandung, Esteban Vizarra saat konferensi pers seusai pertandingan menghadapi Kalteng Putra di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Lalu, ada bintang naturalisasi mualaf Persib Bandung, Esteban Vizcarra, yang juga akan menjalani ibadah puasa Ramadan 2020 sebulan penuh.

Vizcarra telah memeluk agama Islam sejak 2012 silam. Bahkan, Ramadan (dan Idulfitri) kali ini menjadi edisi ketujuh Vizcarra menjalaninya di Indonesia.

3. Patricio Jimenez Diaz

© infobdg.com
Pemain asal Chile yang pernah memperkuat Persib Bandung, Patricio Jimenez Copyright: infobdg.comPemain asal Chile yang pernah memperkuat Persib Bandung, Patricio Jimenez

Berikutnya, ada bek asal Chile Patricio Jimenez Diaz pernah membela Persib Bandung pada musim 2006-07. Patricio juga diketahui telah menjadi mualaf.

Patricio hendak masuk Islam lantaran ingin menikahi wanita bernama Novia Anggraeni (asal Malang) yang kini telah menjadi istrinya pada 2004 silam.

4. Cristian Gonzales

© simamaung.com
Mantan pemain Persib Bandung asal Uruguay (sudah naturalisasi) Cristian Gonzales. Copyright: simamaung.comMantan pemain Persib Bandung asal Uruguay (sudah naturalisasi) Cristian Gonzales.

Cristian Gerard Alfaro Gonzales ternyata merupakan seorang mantan pemain asing (usai naturalisasi) yang telah menjadi mualaf sejak 2003 silam.

Gonzales juga pernah membela Persib Bandung. Hal itu terjadi pada musim 2009-11, di mana striker yang kini berusia 43 tahun itu membuat 41 gol dari 64 laga di semua ajang.

5. Marcio Souza

© You Tube/Simamaung
Mantan pemain Persib Bandung asal Brasil Macio Souza. Copyright: You Tube/SimamaungMantan pemain Persib Bandung asal Brasil Macio Souza.

Terakhir ada mantan pemain asing asal Brasil, Marcio Souza, yang sempat membela Persib Bandung pada 2011-12 silam usai membuat tujuh gol dari 15 laga.

Souza mengucapkan dua kalimat syahadat pada 2010 silam. Keputusannya menjadi mualaf karena dirinya menemukan kedamaian hati dari melihat fenomena sekitar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%