Bola Internasional

Messi dan Ronaldo Bukan Pemain Terhebat di Mata Mourinho

Minggu, 26 April 2020 15:34 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Perdebatan terkait siapa yang hebat antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo diakhiri oleh pelatih kawakan Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Tak ada yang menyangka jika dia memiliki pemain terbaik versi sendiri.

Dua megabintang, Messi dan Ronaldo, kerap menjadi bahan konflik berkepanjangan. Pasalnya, kedua pemain beda liga ini memiliki kehebatan masing-masing sehingga kerap dielu-elukan sebagai rival.

Ronaldo nyaris dianggap sebagai penguasa Eropa karena keberhasilannya membuat berbagai klub seperti Manchester United, Real Madrid, dan Juventus sukses meraih juara. Sementara Messi juga tak kalah menakjubkan, kesetian bersama Barcelona dibayar dengan banyak gelar juara bergengsi.

Pandangan berbeda justru muncul dalam benak Mourinho yang justru menganggap keduanya tidak seberapa dibandingkan Ronaldo Nazario. Baginya, legenda Timnas Brasil tersebut masih menyandang pemain terbaik dunia kalahkan Ronaldo dan Messi dalam hal kemampuan serta bakat.

"Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi boleh menjadi bahan perbincangan dalam karier sepak bola 15 tahun terakhir hingga kini, tapi Ronaldo El Fenomeno masihlah yang terbaik. Berdasarkan kemampuan, tak ada yang bisa melebihi Ronaldo Nazario," ucap Mourinho dilansir Sport Bible.

"Ketika ada di Barcelona bermain bersama Bobby Robson saya sudah tahu dia pemain hebat. Cedera memang mampu akhiri kariernya yang mungkin bisa kian gemilang, tapi bakat pemain yang saat itu berusia 19 masih luar biasa," tutupnya.

Pendapat Jose Mourinho pun cukup beralasan, pasalnya Ronaldo Nazario memang pantas menyandang status pemain terbaik dunia yang tak lekang oleh waktu. Bagaimana tidak, meski hanya bermain semusim di Barcelona dirinya sudah mencetak 34 gol dari 37 laga.

Dijual Barcelona ke Inter Milan pada tahun 1997 dengan harga 19,5 juta poundsterling (Rp371 miliar), Ronaldo Nazario menang FIFA World Player dua kali saat masih berusia 21 tahun. Ia juga mampu lampaui Messi dan Ronaldo sebagai peraih Ballon d'Or termuda.

Satu hal lagi yang membuat Ronaldo Nazario unggul karena sukses antarkan Timnas Brasil juara Piala Dunia dua kali. Lain halnya dengan Messi dan Ronaldo yang memiliki prestasi gemilang di klub masing-masing, tapi belum bisa membanggakan negaranya.