Liga Indonesia

Renan Silva Optimistis Indonesia Tembus Piala Dunia

Senin, 27 April 2020 18:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Bhayangkara FC
Pemain baru Bhayangkara FC, Renan Silva. Copyright: © Media Bhayangkara FC
Pemain baru Bhayangkara FC, Renan Silva.

INDOSPORT.COM - Gelandang Bhayangkara FC, Renan Silva mengakui Liga Indonesia tidak semudah yang dipikirkan banyak orang. Persaingan antar pemain dan klub sangatlah ketat setiap tahun. 

Menurut Renan, jika ada pemain asing yang mengatakan Liga Indonesia gampang ditaklukkan, maka hal itu adalah kebohongan. Di Indonesia, setiap musim ada lima hingga enam klub yang bersaing ketat menjadi juara dan pemain lokal pun memiliki kemampuan yang mumpuni.

"Ketika bicara tentang bermain di Indonesia, banyak orang mengatakan bahwa itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan, karena disini (Indonesia) tidak memiliki kualitas. Tetapi saya tegaskan, itu bohong," katanya.

"Di sini (Indonesia) ada banyak pemain lokal dengan kualitas yang bagus dan liga berisi banyak tim kuat. Selalu ada lima sampai enam tim yang berjuang untuk menjadi juara setiap tahunnya," imbuh pemain asal Brasil itu.

Renan menilai, dengan kualitas pemain dan liga yang ada, bukan tidak mungkin Indonesia bisa bermain di Piala Dunia beberapa tahun mendatang. Namun, yang harus dilakukan saat ini adalah memperbaiki semua sektor sepak bola agar mempermudah langkah tersebut.

"Saya pikir dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan bermain di Piala Dunia," tutupnya.

Tahun ini merupakan musim ketiga Renan Silva berkarir di Liga Indonesia. Pemain 31 tahun itu pertama kali datang ke Persija Jakarta pada putaran kedua Liga 1 2018 dan sukses membawa Macan Kemayoran menjadi juara, lalu pindah ke Borneo FC dan sekarang bermain di Bhayangkara FC.