Liga Indonesia

Sejarah Nama Beckham, Antara Persib hingga Manchester United

Senin, 27 April 2020 11:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Unik! Begitulah kesan pertama ketika mendengar nama Beckham Putra Nugraha, pesepak bola nasional yang saat ini tergabung dalam skuat Persib. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Unik! Begitulah kesan pertama ketika mendengar nama Beckham Putra Nugraha, pesepak bola nasional yang saat ini tergabung dalam skuat Persib.

INDOSPORT.COM - Unik! Begitulah kesan pertama ketika mendengar nama Beckham Putra Nugraha, pesepak bola nasional yang saat ini tergabung dalam skuat Persib Bandung di Liga 1 2020.

Nama Beckham mengingatkan orang-orang akan sosok pemain legendaris Manchester United era 90-an, yakni David Beckham. Namun, eks penggawa Timnas Inggris itu memutuskan gantung sepatu di tahun 2013.

Di sisi lain, saat David Beckham masih membela Manchester United di tahun 2001, lahirlah sosok yang digadang-gadang akan menjadi penerusnya di Indonesia, yakni Beckham Putra Nugraha.

Pemuda asal Bandung itu lalu menceritakan sejarah namanya. Konon, kedua orang tuanya merupakan penggemar berat suami Victoria Adams tersebut, dan berharap sang anak bisa menjadi penerus di lapangan hijau.

"Iya betul sekali, karena pas David Beckham di Manchester United tahun 2001 lagi bagus, langsung Bapak saya kasih nama Beckham, cuma dihilangkan Davidnya," ungkap Beckham Putra Nugraha sembari tertawa.

Beruntung, Beckham yang lahir dan tumbuh besar di Bandung, Jawa Barat, memiliki wadah yang tepat untuk mengembangkan kariernya. Apalagi, ia memiliki saudara yang juga gemar bermain bola, yakni Gian Zola.

Tak butuh waktu lama bagi Beckham untuk menjadi pemain andalan Persib Bandung. Bahkan, ia sudah menjalani debut di tim senior saat masih berusia 17 tahun, tepatnya saat Maung Bandung menghadapi Tira Persikabo di Liga 1 2019.

"Ya mungkin inilah pemberian nama dari orang tua, karena nama adalah doa. Alhamdulilah nama yang diberi oleh orang tua bisa terwujud, bisa jadi pemain bola profesional dan bisa membanggakan keluarga," pungkasnya.

Beckham Putra Nugraha juga mengaku ingin menjadi legenda di tim Persib Bandung. Namun, perjalanan kariernya tentu masih sangat panjang. Beckham digadang-gadang akan menjadi andalan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.