Liga Indonesia

Setel Musik, Cara Jitu Nadeo Argawinata Usir Ketegangan Pra-Laga

Senin, 27 April 2020 10:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Kiper Bali United, Nadeo Argawinata. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Kiper Bali United, Nadeo Argawinata.

INDOSPORT.COM - Kiper Bali United, Nadeo Argawinata, punya kiat ampuh menghilangkan ketegangan menjelang turun bertanding, terlebih partai krusial. Musik menjadi pilihan jitu agar lebih siap dan rileks.

Nadeo merupakan kiper yang naik daun dalam lima tahun terakhir. Sejak berseragam Borneo FC pada 2016, performa putra daerah Kediri ini terus menanjak hingga sukses menembus skuat timnas Indonesia U-23. 

Musim ini, Nadeo mencoba tantangan baru bersama Bali United. Sebuah kebanggaan sekaligus tekanan tersendiri berada dalam tim yang berlaga di Asia dan berstatus juara bertahan Liga 1. 

Nadeo Argawinata pun punya tips tersendiri untuk mengatasi tekanan yang berpotensi menimbulkan ketegangan sebelum bertanding. Metode ampuh ini telah membantunya selama lima musim terakhir.

"Kalau saya sih normal. Biasanya mendengarkan musik, terutama yang saat itu lagi saya sukai. Kalau nggak ya tenang aja, diam sebelum masuk lapangan," ucap Nadeo Argawinata, Minggu (26/4/20).

Ketegangan wajib hilang sebelum melakukan pemanasan. Bila sejak datang ke stadion masih diliputi ketegangan, performa pemain di atas lapangan bisa terpengaruh.

"Kalau masuk lapangan grogi, pengaruhnya itu skill dan kemampuan pasti nggak akan bisa keluar," tandas kiper yang kerap dibilang mirip Kepa Arrizabalaga (Chelsea) ini.

Musik biasanya sudah didengarkan Nadeo sepanjang perjalanan menuju stadion, sehingga ia hampir selalu keluar bus dalam kondisi sedang mendengarkan musik atau menggunakan headset.