Liga Indonesia

Cara Gian Zola Tunggu Buka Puasa Selama Skuat Persib Libur

Selasa, 28 April 2020 19:28 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/Indosport
Gelandang klub Liga 1 Persib Bandung, Gian Zola mengaku sering ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan bersepeda. Copyright: © Arif Rahman/Indosport
Gelandang klub Liga 1 Persib Bandung, Gian Zola mengaku sering ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan bersepeda.

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 Persib Bandung, Gian Zola mengaku sering ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan bersepeda.

Dilansir dari laman Persib, Senin (27/04/2020), Zola biasanya bersepeda di sekitar kediamannya. Hanya saja, pada Ramadan kali ini dengan adanya pandemi virus corona atau covid-19, ia hanya menggunakan sepeda statis di rumah dan menjalankan program latihan mandiri.

Selain untuk menunggu waktu berbuka, bersepeda menurut Zola sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar.

"Kalau dulu sambil berkeliling menjaga kondisi. Bersepeda paling sering dilakukan sambil ngabuburit. Sekarang latihan mandiri dan pakai sepeda statis di rumah," ungkap Zola.

Selain itu, selama Ramadan kakak kandung Beckham Putra Nugraha ini sangat memperhatikan asupan makanan, seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saat waktu berbuka ataupun sahur.

Apalagi, sebelumnya dokter tim Persib, Rafi Ghani sudah memberikan imbaun kepada pemain untuk memperhatikan asupan makanan dan kebutuhan cairan tubuh selama Ramadan, agar terhindar dari dehidrasi.

"Untuk pemain, ofisial dan pelatih selama bulan Ramadan ini harus lebih menjaga asupan makanan yang baik. Selain beribadah lakukan juga kegiatan fisik atau olahraga yang intensitas dan waktunya disesuaikan karena sedang berpuasa," kata Rafi, Jumat (24/04/2020). 

Sementara itu, memasuki pekan keempat latihan mandiri, pelatih Persib Robert Rene Alberts meningkatkan intensitas dan volume latihan. Meski begitu, Zola tidak menemui kendala saat berlatih di bulan Ramadan.