Liga Indonesia

Kisruh PSSI dan LIB, Menpora: Semoga Tidak Ganggu Piala Dunia

Selasa, 28 April 2020 16:56 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali angkat bicara terkait kisruh internal yang terjadi di PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali angkat bicara terkait kisruh internal yang terjadi di PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali angkat bicara terkait kisruh internal yang terjadi di PSSI. Bagi Menpora, kisruh ini diharapkan tidak mengganggu persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Hubungan kurang harmonis memang tampak terlihat pada petinggi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).  Pucuk pimpinan PSSI dan pimpinan PT LIB sama-sama membawa sanak keluarga dalam organisasi keduanya.

Dimulai pada adanya posisi Wasekjen yang diisi oleh Maaike Ira Puspita yang notabene adalah adik irap dari Ketua Umum, Mochamad Iriawan. Posisi ini sebelumnya memang tidak ada dalam kepengursan Ketua Umum PSSI terdahulu.

Tak berhenti di situ, kini kabar terbaru terkait adanya sosok Pradana Aditya Wicaksana yang menjadi General Manager di PT LIB. Pradana Aditya sendiri merupakan anak kandung dari Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri.

Munculnya nama Pradana Aditya dalam struktur organisasi PT LIB sempat menimbulkan penolakan dari beberapa Direktur lainnya.

Tak pelak hal ini menimbulkan kegaduhan dalam dunia sepak bola Indonesia. Melihat hal ini, Menpora, Zainudin Amali angkat bicara yang menilai pemerintah tidak akan ikut campur.

"Itu urusan internal PSSI, tentu pemerintah tidak bisa ikut campur. Saya pribadi masih melihat bahwa teman-teman pengurus PSSI bisa mengatasi setiap permasalahan yang muncul," kata Menpora.

Zainudin menambahkan PSSI diyakini bisa menyelesaikan masalah ini. Sebab dahulu saja PSSI bisa menyelesaikan permasalahan yang lebih berat ketika dibekukan oleh FIFA.

"Itu urusan internal PSSI, tentu pemerintah tidak bisa ikut campur. Saya pribadi masih melihat bahwa teman-teman pengurus PSSI bisa mengatasi setiap permasalahan yang muncul," tutur Zainudin

Namun meski begitu, menteri asal Gorontalo ini berpesan agar permasalahan ini tidak mengganggu persiapan Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"PSSI adalah organisasi olahraga yang sudah cukup dewasa, usianya saja sudah 90 tahun. Jadi, saya masih berkeyakinan federasi sepakbola kita masih bisa serius mempersiapkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 nanti," pungkas Menpora.

Sekadar informasi, dalam tubuh PSSI sendiri baru-baru ini terjadi kehebohan. Sekjen mereka, Ratu Tisha secara mengejutkan memutuskan untuk mundur dari jabatannya pada pertengahan April 2020 lalu.