Bola Internasional

On This Day: Ketika Persipura Menghajar Raksasa China di LCA

Selasa, 28 April 2020 16:15 WIB
Editor: Coro Mountana
© repro.eu/wikipedia
On This Day: Ketika Persipura Menghajar Raksasa China di Liga Champions Asia (LCA). Copyright: © repro.eu/wikipedia
On This Day: Ketika Persipura Menghajar Raksasa China di Liga Champions Asia (LCA).

INDOSPORT.COM – Tepat 28 April, sedekade lalu, sepak bola Indonesia berpesta ketika Persipura Jayapura dengan gagah menghajar raksasa China di Liga Champions Asia (LCA).

Ketika itu. Persipura Jayapura memainkan laga terakhirnya di Liga Champions 2010 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Meski sudah tidak menentukan karena Persipura Jayapura kalah terus dalam 5 laga terakhir, tetapi pertandingan terakhir ini tetap dinilai penting.

Pasalnya, Persipura Jayapura tentu ingin meninggalkan ajang Liga Champions Asia dengan kemenangan demi menghibur suporter setianya. Namun itu tidak mudah karena mereka harus melawan Changchun Yatai, raksasa China yang membantai Persipura, 9-0 di laga terakhir.

Meski begitu Jacksen F. Tiago tetap membekali anak asuhnya untuk bermain spartan melawan raksasa China itu. Siapa sangka, Eduard Ivakdalam dan kawan-kawan sanggup mengejutkan sepak bola Asia dengan menghajar raksasa China, Changchun Yatai.

Kisah Heroik Persipura Jayapura

Bermain dengan cuaca panas terik ala Jakarta tampaknya memberikan tekanan tersendiri bagi Changchun Yatai. Soalnya klub raksasa China yang biasa bermain di udara dingin itu terlihat kesulitan menandingi kaki-kaki lincah anak-anak Persipura.

Itu terbukti ketika Eduard Ivakdalam selaku kapten berhasil membawa Persipura Jayapura unggul terlebih dulu pada menit ke-27 melalui tendangan kerasnya. Gol itu jelas sangat mengejutkan Changchun Yatai yang tak menyangka Persipura bisa memberi perlawanan.

Tak cukup satu gol, Persipura Jayapura nyatanya berhasil menambah satu gol lagi melalui aksi Yustinus Pae pada menit 65. Tertinggal dua gol membuat Changchun Yatai jadi semakin linglung melawan Persipura Jayapura yang bermain cantik pada saat itu.

Sejatinya, Changchun Yatai memiliki peluang emas untuk menggagalkan kemenangan Persipura pada hari itu. Akan tetapi 2 hadiah penalti Changchun Yatai berhasil diselamatkan oleh kiper Persipura Jayapura, Jandri Pitoy dengan gemilang dan aduhai.

Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 2-0 untuk kemenangan bersejarah Persipura itu. Menjadi bersejarah karena itu adalah kemenangan pertama Persipura Jayapura di ajang Liga Champions Asia, apalagi lawan yang dihadapi adalah raksasa China.

1