Liga Indonesia

Rahasia Gol Sangar Putra Sukoharjo ke Gawang Malaysia

Selasa, 28 April 2020 17:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain asal Sukoharjo, Haryanto ‘Tommy’ Prasetyo pernah mencetak gol sangar ke gawang Malaysia. Gol tendangan jarak jauhnya menjadi pembuka kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia 6-0 pada SEA Games 1999 di Brunei, 2 Agustus 1999.

Tommy merupakan pemain jebolan program Baretti di Italia pada 1995. Sepulang dari Italia, Tommy membela Pelita Jaya. Kesempatan membela tim Garuda datang pada tahun 1999. Tommy bertugas sebagai gelandang bertahan.

Pada SEA Games 1999, Tommy tak tergantikan di sektor tengah Timnas Indonesia. Dalam partai bergengsi melawan Malaysia, Tommy masuk starting eleven.

Berperan sebagai gelandang, Tommy bahu membahu bersama I Komang Putra, Nur Alim, Aji Santoso, Agung Setiabudi, Bejo Sugiantoro, Eko Purdjianto, Ali Sunan, Andrian Mardiansyah, Rochi Putiray dan Bambang Pamungkas.

Siapa sangka, baru enam menit laga berjalan, skuat besutan Bernard Schumm sudah unggul. Tommy melepaskan sepakan keras yang tak bisa diantisipasi kiper Malaysia, Azmin Azram Abdul Aziz.

Setelah gol itu, Indonesia mencetak lima gol tambahan. Rochi dan Bambang sama-sama mencetak dua gol, serta satu gol dari Ali Sunan. Tommy sendiri tampil 65 menit, sebelum digantikan sesama jebolan Baretti, Uston Nawawi.

Gol Tommy sejatinya bukan sekadar menjadi pembuka pesta 6-0. Namun, ada perjuangan berat yang dilakoni Tommy sejak kecil. Sebelum menembus Baretti, Tommy sudah dilatih untuk melepaskan sepakan keras dan akurat.

"Dari kecil saya sudah dilatih sama ayah, karena dilihat ada potensi. Jadi sebagai pesepakbola, saya harus ada spesialisasi. Latihan nendang sampai ditungguin," ucap Tommy kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Sayangnya, performa impresif Indonesia tak berbuah medali emas. Selain mengalahkan Malaysia, Indonesia menang atas Kamboja 1-0, Brunei 3-0 dan bermain imbang kontra Singapura 1-1.

Pada babak semifinal, Indonesia dikalahkan Vietnam 0-1 lewat gol tunggal Nguyen Hong Son menit ke-70. Medali perunggu akhirnya dikunci Indonesia setelah menang adu penalti atas Singapura 4-2 (0-0).