Liga Indonesia

2 Kiper Filipina Gemilang di Eropa, Alarm Timnas Jelang AFF 2020

Rabu, 29 April 2020 01:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Dua Kiper Filipina Gemilang di Eropa, Alarm Timnas Jelang AFF 2020. Copyright: © INDOSPORT
Dua Kiper Filipina Gemilang di Eropa, Alarm Timnas Jelang AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Dua kiper berdarah Filipina berikut tampil gemilang di kompetisi Eropa, hal ini menjadi alarm keras buat Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 mendatang.

Gelaran Piala AFF 2020 sendiri menurut jadwal, berlangsung pada November - Desember mendatang. Namun jadwal tersebut belum tentu terealisasi, lantaran sebagian kawasan ASEAN saat ini masih berjuang melawan wabah Virus Corona yang belum juga reda.

Meski belum pasti bakal berlangsung atau tidak, namun para tim peserta tampaknya tetap serius mempersiapkan diri. Dari sekian banyak lawan yang akan dihadapi, Timnas Indonesia sepertinya wajib mewaspadai kekuatan Filipina.

Sebab skuat berjuluk The Azkals tersebut memiliki penjaga gawang yang tampil sangat gemilang di kompetisi Eropa, dan mungkin bisa menjadi batu sandungan besar skuat Garuda dalam meraih kemenangan.

Dua penjaga gawang yang dimaksud adalah Neil Etheridge serta Kevin Ray Mendoza, keduanya sama-sama tengah berkompetisi di Liga Inggris dan juga Liga Denmark.

Neil Etheridge saat ini memperkuat Cardiff di Divisi Championship (kasta kedua Liga Inggris), sedangkan Kevin Ray Mendoza tampil bersama HB Koge di kasta kedua Liga Denmark.

Meski berbeda kompetisi, keduanya sama-sama tampil gemilang di klub masing-masing. Neil Etheridge misalnya, penjaga gawang termahal ASEAN ini berhasil tampil 16 kali dengan catatan 4 clean sheets.

Bahkan Etheridge menjadi kiper dengan persentase kemenangan terbanyak kedua saat dimainkan Cardiff di Liga Inggris musim ini.

Berkat Beberapa penampilan gemilang Neil Etheridge musim ini, Cardiff mampu bertengger di peringkat kesembilan klasemen sementara dengan 54 poin atau hanya selisih dua angka dari Preston di batas akhir promosi.

Sementara Kevin Ray Mendoza tampil tidak kalah gemilang dari Neil Etheridge musim ini, penjaga gawang berusia 25 tahun tersebut tercatat belum pernah absen dalam 20 laga HB Koge musim ini.

Total Kevin Ray Mendoza telah menorehkan 22 penampilan di semua ajang, dan meraih lima kali clean sheets. Dirinya pun mampu membawa tim yang baru berdiri 2009 lalu ini bertengger di peringkat 7 klasemen sementara dari 12 peserta.

Tidak hanya itu, dalam pekan terakhir sebelum kompetisi Liga Denmark ditunda akibat Corona, Kevin Ray Mendoza berhasil memberikan kemenangan buat HB Koge, bahkan ia melakukan clean sheets saat kalahkan Vendsyssel FF (2-0).

Dengan penampilan dua kiper Filipina yang cukup impresif di kompetisi Eropa tersebut, para penyerang Garuda wajib berhati-hati dan bermain cermat saat berada di kotak penalti lawan.

Sebab dengan kompetisi yang diliburkan cukup lama, dikhawatirkan insting tajam para striker Timnas sulit kembali ke top performa.

Dan saat berhadapan dengan kiper penuh pengalaman seperti Neil Etheridge serta Kevin Ray Mendoza, lini depan Timnas Indonesia akan mengalami deadlock dan berimbas pada permainan monoton yang tidak memberikan hasil hingga akhir laga.