Liga Inggris

Bukan Ronaldo, Ferguson Sebut 1 Pemain Terbaik Starting XI-nya

Rabu, 29 April 2020 14:14 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Bukan Cristiano Ronaldo, Sir Alex Ferguson sebut satu nama pemain yang paling diistimekannya pada starting XI terbaik Manchester United. Copyright: © Getty Images
Bukan Cristiano Ronaldo, Sir Alex Ferguson sebut satu nama pemain yang paling diistimekannya pada starting XI terbaik Manchester United.

INDOSPORT.COM - Memiliki predikat pelatih terbaik raksasa Liga Inggris, Manchester United, Sir Alex Ferguson punya starting XI terbaik versinya sendiri. Uniknya ada satu nama pemain yang sangat diistimewakannya.

Selama 27 tahun menetap di Old Trafford, Ferguson telah sukses menukangi Manchester United menjuarai banyak trofi bergengsi salah satu yang paling membanggakan ialah 13 kali gelar liga domestik.

Tentunya selama kurun waktu dua dekade lebih itu ada ratusan pemain yang pernah dilatihnya. Salah satu yang paling menonjol Cristiano Ronaldo saat mampu didatangkan dari Sporting Lisbon pada 2003 lalu.

Meyakini jika Ronaldo merupakan pemain paling berbakat, nyatanya Ferguson enggan membuatnya sebagai pemain kesayangan. Dalam starting XI pilihannya hanya ada satu tempat istimewa yakni Denis Irwin yang punya nilai nyaris sempurna.

"Jika disuruh memilih susunan pemain Manchester United terbaik akan sangat sulit bagi saya. Lihat saja pada bagian striker ada (Brian) McClair, (Mark) Hughes, (Andy) Cole, Eric Cantona, (Ruud) van Nistelrooy, (Louis) Saha, Ole Gunnar Solskjaer, (Dwight) York, (Teddy) Sheringham," tutur Ferguson kesulitan dilansir Mirror.

"Untuk bagian tengah lebih gampang karena saya memilih (Roy) Keane, (Bryan) Robson, dan (Paul) Sholes mereka semua pemain fantastis,  ada juga (David) Beckham, Ronaldo, dan (Ryan) Giggs. Tapi jujur segalanya kian lengkap jika ada Denis Irwin dalam tim karena dia punya nilai delapan dari 10," tutupnya.

Irwin diakui Ferguson sebagai pemain terbaik yang pernah direkrutnya semasa masih menjadi pelatih The Red Devils. Bagaimana tidak pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu dikenal banyak akal, cepat, gesit, dan memiliki persona jauh dari citra buruk.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 😈 Manchester United 😈 (@manutdthroughtheyears) pada

Berbeda dengan Ronaldo yang hanya punya masa bakti enam tahun, Irwin mampu lebih loyal ketika membela Manchester United dalam kurun waktu 12 musim. Legenda asal Irlandia ini masuk predikat bek terbaik Liga Inggris pada masanya dan berhasil menyumbang banyak gelar bagi Ferguson.