Liga Indonesia

Hamka Hamzah Sebut Liga 1 Belum Profesional

Rabu, 29 April 2020 14:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Persita
Aksi kapten Persita, Hamka Hamzah saat lawan PSM Makassar. Copyright: © Media Persita
Aksi kapten Persita, Hamka Hamzah saat lawan PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Bek senior Persita Tangerang, Hamka Hamzah menyatakan Liga 1 Indonesia belum bisa dikatakan profesional. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Bagi Hamka, Liga 1 Indonesia masih tahap semi profesional. Ia mencontohkan banyak klub belum memiliki fasilitas mumpuni, seperti lapangan latihan sehingga membuat klub kerap kali kesulitan berlatih.

Hamka berharap PSSI menerapkan aturan tegas agar klub peserta mulai berbenah. Jika tidak, hal itu tidak akan meningkatkan kualitas liga dan berimbas pada prestasi Timnas Indonesia.

"Sepak bola kita belum masuk ke profesional, semi profesional. Contohnya lapangan saja gak punya, masih nyewa lapangan latihan. Jadi yang dibilang profesional seperti apa, saya juga bingung," katanya saat berbincang dengan Rian Ekky Pradipta di YouTube.

"18 klub itu mereka sewa lapangan latihan. Untuk menuju ke sana (profesional) PSSI harus tegas karena kalau bukan PSSI, klub gak dengar. Contohnya stadion saja, sekarang bagus karena ada aturan PSSI dan AFC makanya mau itu klub," imbuh eks Arema FC itu.

Meski demikian, Hamka juga memberikan apresiasi untuk PSSI dan pengelola kompetisi yang mulai berbenah. Selain itu, pesepak bola kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu memuji sejumlah klub yang berinvestasi besar-besaran membangun fasilitas untuk berlatih dan sebagainya.

"Semua itu pengaruhi prestasi Timnas, lahirnya (Timnas) kan dari kompetisi. Tapi sekarang jadwal liga sudah mulai bagus, sekarang PSSI sudah lumayan bagus, jadi mudah-mudahan lebih baik," tutupnya.

Saat ini, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 tengah dihentikan sementara akibat pandemi virus corona. PSSI menunda pertandingan hingga akhir Mei, setelah berlangsung selama tiga pekan.

1