Liga Spanyol

Punya Karier Mentereng, Lionel Messi Bikin Samuel Eto'o Kagum

Rabu, 29 April 2020 11:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Goal
Samuel Eto'o dan Lionel Messi semasa masih satu tim di Barcelona. Copyright: © Goal
Samuel Eto'o dan Lionel Messi semasa masih satu tim di Barcelona.

INDOSPORT.COM – Samuel Eto’o mengagumi pencapaian prestasi Lionel Messi bersama Barcelona. Legenda klub asal Kamerun itu mengatakan Messi tidak bisa sesukses sekarang tanpa bimbingannya

Diketahui, Samuel Eto’o jadi salah satu orang sangat berjasa dalam perjalanan karier Lionel Messi. Mantan penyerang itu jugalah yang membimbing Messi saat naik dari tim B ke tim utama  Barcelona pada 2014 silam.

Messi debut bersama tim utama Barcelona pada musim 2004-2005, dengan memainkan sembilan pertandingan dan mencetak satu gol untuk klub.

“(Messi) mengaku kepada saya, (kesuksesan karier) berkat saran saya, yang tidak akan saya ungkapkan, kariernya telah berubah,” kata Eto’o dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca.

“Suatu hari dia berkata: ‘Berkat Samuel (Eto’o), karier saya berubah’. Dia harus memperbaiki dua atau tiga hal tetapi dia selalu memiliki bakat.”

Pencapaian Messi ini pun membuat Eto’o bangga. Dia tak pernah menyangka pernah membimbing seorang pemain muda dari Argentina yang kemudian berubah dari superstar sepak bola dunia.

“Saya bangga dan senang melihat dia telah menulis sejarah yang belum selesai, dan sejarah itu akan sulit dilampui oleh siapapun.”

Kapten Timnas Argentina itu menjadi sosok penting di lini serang Barcelona. Sejauh ini, Lionel Messi telah tampil dalam 718 pertandingan dan mencetak 627 gol bersama Los Cules.

Selain itu, Messi juga turut membantu Barca merengkuh 34 trofi juara, beberapa di antaranya adalah 10 gelar La Liga, enam titel juara Copa del Rey, empat trofi Liga Champions, dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Lionel Messi juga berhasil merengkuh berbagai penghargaan pribadi, mulai dari enam gelar FIFA Ballon d'Or/Ballon d'Or, dua UEFA Men's Player of the Year, serta satu FIFA World Player of the Year dan The Best FIFA Men's Player.