Liga Inggris

3 Eks Asuhan Luis Milla yang Bisa Diboyong Pangeran Salman ke Newcastle

Kamis, 30 April 2020 20:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tony Marshall - EMPICS/Getty Images
Pangeran Salman, selaku orang kaya raya Arab Saudi yang berniat mengakuisisi Newcastle United, mungkin nanti bisa memboyong sejumlah eks anak asuh Luis Milla, demi meningkatkan kualitas calon klubnya itu. Copyright: © Tony Marshall - EMPICS/Getty Images
Pangeran Salman, selaku orang kaya raya Arab Saudi yang berniat mengakuisisi Newcastle United, mungkin nanti bisa memboyong sejumlah eks anak asuh Luis Milla, demi meningkatkan kualitas calon klubnya itu.

INDOSPORT.COM - Pangeran Salman, selaku orang kaya raya Arab Saudi yang berniat mengakuisisi Newcastle United, mungkin nanti bisa memboyong sejumlah eks anak asuh Luis Milla, demi meningkatkan kualitas calon klubnya itu.

Sepak bola Liga Inggris belakangan memang dihebohkan dengan kabar tentang keinginan Pangeran Salman yang hendak membeli saham mayoritas Newcastle United.

Bekerja sama dengan konglomerat Inggris, Rueben Brothers, Pangeran Salman menyodorkan dana sebesar 300 juta poundsterling, atau sekitar Rp5,9 triliun, kepada pemilik Newcastle United saat ini, Mike Ashley.

Andai nantinya kepemilikan klub resmi berpindah tangan ke Pangeran Salman, Newcastle United diyakini bakal bertransformasi sebagai kekuatan menakutkan baru di pentas Liga Inggris. Sokongan dana Pangeran Salman dipercaya bisa mendatangkan pelatih top, serta bintang-bintang ternama.

Bila Pangeran Salman membutuhkan opsi, beberapa eks anak asuh pelatih Spanyol, Luis Milla, mungkin bisa masuk ke dalam daftar belanja Newcastle United. Dulu, Luis Milla pernah mengasuh pemain-pemain muda Timnas Spanyol U-21 yang menjuarai Piala Eropa U-21 2011, dan kini banyak dari mereka telah menjadi bintang top dunia.

Lalu, siapa saja para eks anak asuh Luis Milla yang bisa diboyong Pangeran Salman ke Newcastle United? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Thiago Alcantara

Piala Eropa U-21 2011, Luis Milla mengandalkan nama Thiago Alcantara untuk mengisi lini tengah Timnas Spanyol U-21. Hasilnya, peran Thiago sukses mengantarkan Spanyol menjadi juara, bahkan mencetak satu gol di laga final.

Karier Thiago sendiri kini telah berkembang pesat sebagai salah satu gelandang top dunia. Ia sejak 2013 membela raksasa Jerman, Bayern Munchen, dan meraih banyak gelar Bundesliga.

Thiago pun bisa masuk ke dalam daftar belanja Pangeran Salman, demi meningkatkan kualitas Newcastle United. Terlebih, kontrak Thiago akan berakhir pada 2021 nanti, sehingga peluang Bayern melepasnya lebih besar.

Juan Mata

Juan Mata termasuk ke dalam skuat Timnas Spanyol asuhan Luis Milla, ketika menjuarai Piala Eropa U-21 2011. Peran Juan Mata kala itu selalu dimainkan dari fase grup hingga laga puncak, dengan total torehan dua gol serta dua assists.

Karier Juan Mata sendiri saat ini sudah berkembang pesat menjadi gelandang serang top dunia. Ia pernah meraih gelar Liga Champions bersama Chelsea, dan mempersembahkan trofi Liga Europa untuk klub terkininya, Manchester United.

Nama Juan Mata lantas bisa diburu Pangeran Salman, demi meningkatkan kualitas kekuatan Newcastle United. Selain punya pengalaman juara mentereng bersama klub-klub Liga Inggris, Juan Mata kontraknya juga bakal habis 2021 mendatang, sehingga peluangnya dilepas Manchester United lebih besar.

Isco

Isco memang tak masuk ke dalam skuat Timnas Spanyol U-21 asuhan Luis Milla, ketika menjuarai Piala Eropa U-21 2011. Namun Isco sempat beberapa kali dipanggil Luis Milla untuk memperkuat Timnas Spanyol untuk ajang kualifikasi Piala Eropa U-21 2013.

Karier Isco sendiri kini sudah berkembang pesat sebagai salah satu gelandang serang top dunia. Ia membela Real Madrid, dan telah empat kali menjuarai Liga Champions.

Andai Pangeran Salman membutuhkan opsi soal pemain bintang yang harus dibeli Newcastle United, Isco jelas layak didekati. Selain karena reputasi topnya, Isco beberapa musim terakhir kerap terpinggirkan dari skuat utama Real Madrid, sehingga peluang menggodanya agar mau hijrah ke The Magpies terbuka lebar.