Bola Internasional

Ard van Peppen, Bek Berdarah Jakarta yang Raih 2 Gelar di Belanda

Kamis, 30 April 2020 04:14 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
© Soccrates Images/Getty Images
Ard van Peppen, Bek Berdarah Jakarta yang Raih dua Gelar Liga Belanda Copyright: © Soccrates Images/Getty Images
Ard van Peppen, Bek Berdarah Jakarta yang Raih dua Gelar Liga Belanda

INDOSPORT.COM - Mengenal Ard van Peppen, salah satu pemain bertahan berdarah Jakarta yang pernah merasakan gelar juara Liga Belanda sebanyak dua kali.

Tidak dipungkiri lagi jika banyak pemain keturunan Indonesia kini merumput di berbagai kompetisi liga Eropa, salah satunya Belanda yang memang memiliki unsur sejarah dengan Tanah Air.

Sejumlah pemain dengan nenek moyang Indonesia cukup banyak mentas di Liga Belanda, baik di kompetisi kasta teratas  (Eredivisie) maupun kasta kedua (Eerste Divisie).

Teranyar ada Tom Hiariej dan Keziah Veendorp yang memperkuat FC Emmen, keduanya berhasil membawa Emmen bertahan di kasta teratas Liga Belanda dengan menempati peringkat 12 dari 18 tim.

Selain Tom Hiariej dan Keziah Veendorp, sebelumnya juga ada pemain berdarah Jakarta yang berhasil meraih prestasi di Belanda bahkan mampu merengkuh gelar juara sebanyak dua kali.

Adalah Ard van Peppen, mantan pemain bertahan yang kini berusia 34 tahun tersebut memang dikabarkan memiliki darah Indonesia bahkan namanya masuk dalam daftar pantauan kemenpora untuk dinaturalisasi.

"Ibu saya yang keturunan Indonesia. Dia lahir di Batavia (sekarang Jakarta). Pada usia dua tahun pindah ke Belanda. Ayah saya orang Belanda," ucap Ard van Peppen dilansir laman sepakbolanda.

Dari laman sama diketahui, jika Van Peppen bersedia memperkuat Timnas Indonesia jika pelatih Garuda membutuhkan jasanya, namun sayangnya ia enggan melepas paspor Belanda lantaran sulit mencari klub di Belanda jika menggunakan paspor Indonesia, terlebih tidak banyak klub yang kuat bayar pemain non-EU dengan gaji tinggi.

"Beberapa saat lalu saya sudah ditanyai soal main untuk kesebelasan Indonesia. Tapi masalahnya adalah paspor. saya tidak bisa melepas paspor Belanda. Sulit untuk tinggal di Belanda sebagai pemain berpaspor Indonesia," tambahnya.

Sebagai informasi, nama Ard van Peppen sendiri bukan sosok pemain sembarang di Liga Belanda terutama di Eerste Divisie, dirinya tercatat sudah beberapa kali memperkuat tim besar pada kompetisi tersebut.

Bahkan Ard van Peppen berhasil dua kali meraih gelar juara kasta kedua Liga Belanda dengan dua klub berbeda, yakni bersama Excelsior pada musim 2005/06 serta De Graafschap musim selanjutnya.

Saat ini Ard van Peppen diketahui telah gantung sepatu, klub terakhir yang ia bela adalah Roda JC Kerkrade dengan catatan 137 laga dan torehan dua gol selama lima musim.