Liga Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Paling Ampuh ala Gelandang Persib, Caranya?

Kamis, 30 April 2020 11:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dua pemain Persib, Abdul Aziz bersama Beni Oktovianto saat berlatih di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (10/1/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dua pemain Persib, Abdul Aziz bersama Beni Oktovianto saat berlatih di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (10/1/20).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, mengaku tidak menemui kendala saat berkomunikasi dengan pemain asing, terutama yang bermain di lini tengah. 

Menurutnya, mayoritas pemain asing yang sempat bermain dengannya di tim Persib bisa berbicara bahasa Inggris. Sehingga, Abdul Aziz tidak menemui kendala saat komunikasi di dalam dan di luar lapangan dengan legiun impor Maung Bandung. 

Sebagai informasi, pada musim ini Persib dihuni pemain asing anyar yakni Wander Luiz (Brasil) dan Geoffrey Castillion (Belanda), serta dua legiun asing yang sudah bergabung sejak musim lalu Nick Kuipers (Belanda) dan Omid Nazari (Filipina). 

"Dari tahun kemarin dan sekarang semua lancar bahasa Inggris, jadi sambil belajar bahasa Inggris sedikit-sedikit bicara bahasa Inggris, kalau ngak tanya sama yang lain," ucap Aziz saat menjawab pertanyaan Bobotoh saat live di Instagram Persib beberapa hari lalu. 

Selain itu, jika ada bahasa yang tidak dimengerti, Abdul Aziz biasanya menggunakan bahasa isyarat dan tidak sedikit pemain yang menyesuaikan dengan kondisi tim serta belajar bahasa Indonesia. 

"Di sepak bola kan ada bahasa isyarat jadi saat main bisa memakai itu kalau mau minta bola (umpan) atau apa pun. Mereka juga menyesuaikan," jelas Aziz. 

Sebagai informasi, pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2019, pelatih Robert Rene Alberts sering memasang Abdul Aziz bersama Omid Nazari di lini tengah Persib Bandung. Performa keduanya mengundang decak kagum, terutama dari kalangan Bobotoh. 

Meski begitu, mantan pemain Persiba Balikpapan dan PSMS Medan tidak cepat puas dengan penampilan dan selalu berusaha untuk memperbaiki kekurangan agar tampil lebih baik di setiap pertandingan kelak. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%