Liga Indonesia

Kisah Manis Melvin Platje, Kalahkan Hakim Ziyech dan Van Basten

Kamis, 30 April 2020 06:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© baliutd.com
Penyerang Bali United, Melvin Platje (tengah). Copyright: © baliutd.com
Penyerang Bali United, Melvin Platje (tengah).

INDOSPORT.COM - Melvin Platje memiliki kisah manis sebelum gabung dengan Bali United pada 2018 lalu. Bomber asal Belanda ini pernah mengalahkan tim besutan Marco van Basten. Di tim itu, ada pula Hakim Ziyech yang kini bersinar di Ajax Amsterdam.

Melvin memang bukan pemain sembarangan. Di Indonesia, Melvin layaknya pemain berstatus "Marque Player". Melvin mencatatkan 22 gol di Eredivisie atau kompetisi tertinggi Liga Belanda.

Momen itu terjadi saat Melvin memperkuat Volendam musim 2008/2009. Dalam 32 penampilan, Melvin mencetak tujuh gol. 15 gol lain dicetak Melvin saat berseragam NEC musim 2011-2013.

Dari sembilan gol musim 2012/2013, ada satu gol yang menarik. Gol itu bahkan membuat pusing legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten. Selain itu, ada pula Hakim Ziyech yang kini jadi bintang Ajax Amsterdam.

Dua bintang itu menjadi bagian dari tim Heerenveen. NEC menang 2-0 atas Heerenveen di Stadion Abe Lenstra, Heerenveen, 12 Agustus 2012. Melvin mencetak gol pembuka menit ke-27.

Gol ini begitu mengesankan. Di akhir musim, kemenangan ini ternyata sangat berarti. NEC lolos dari degradasi, dengan mengakhiri musim di peringkat ke-15 atau satu tingkat di atas zona playoffs dan zona merah. NEC dengan 37 poin hanya berjarak empat poin dari Roda JC.

Namun bagi Melvin, gol ini bukan yang paling berkesan. Dia memilih partai melawan Groningen pada musim 2011/2012 sebagai yang paling spesial. 

"Itu adalah pertandingan yang luar biasa. Salah satu momen terbaik buat saya," ucap Melvin Platje, Senin (27/4/20).

Dua gol dicetak Melvin, meski masuk dari menit ke-79. Gol terjadi menit ke-83 dan 93. Dua gol ini menyelamatkan timnya dari kekalahan. Laga berakhir dengan skor 3-3.

Saat itu, Groningen juga diperkuat nama besar. Ada sosok Virgil van Dijk yang kini jadi bek termahal dunia dan Dusan Tadic yang jadi bintang Ajax Amsterdam, bersama Hakim Ziyech.