Bola Internasional

On This Day: Ketika Pahlawan AC Milan Ukir Sejarah Manis di Eropa

Kamis, 30 April 2020 15:35 WIB
Editor: Coro Mountana
© getty images
On This Day: Ketika Pahlawan AC Milan Ukir Sejarah Manis di Eropa. Copyright: © getty images
On This Day: Ketika Pahlawan AC Milan Ukir Sejarah Manis di Eropa.

INDOSPORT.COM – Tepat hari ini, 30 April, 3 tahun lalu, ada seorang pahlawan AC Milan bernama Carlo Ancelotti yang sukses mengukir sejarah manis di Eropa.

Bagi fans AC Milan, Carlo Ancelotti merupakan seorang pahlawan apalagi jika kita bicara mengenai Liga Champions. Dalam 7 gelar Liga Champions milik AC Milan saat ini, 2 di antaranya merupakan jerih payah dari Carlo Ancelotti.

Bahkan ada masanya dalam kurun waktu 5 tahun, Ancelotti sukses membawa AC Milan masuk ke final Liga Champions sebanyak 3 kali. Tak heran memang sejak sepeninggal Ancelotti, AC Milan jadi sulit untuk berbicara banyak di Liga Champions lagi.

Selepas pergi dari AC Milan, ternyata Ancelotti berhasil mengukir sejarah manis di Eropa pada tahun 2017 lalu, apa itu?

Pelatih Pertama yang Bisa Juara di 4 Liga Top Eropa

Sejarah manis itu adalah Ancelotti sukses menjadi pelatih pertama yang bisa memenangi gelar di 4 liga top Eropa. Seperti yang kita tahu, ada 5 liga top Eropa yaitu Liga Inggris, Serie A Italia, Ligue 1 Prancis, LaLiga Spanyol, dan Bundesliga Jerman.

Sedangkan Ancelotti sukses memenangi 4 dari 5 liga top Eropa, sebuah rekor yang bahkan tak bisa disamai oleh pelatih manapun. Pelatih sekaliber Jose Mourinho, Pep Guardiola hingga Jurgen Klopp pun tak bisa menyamai pencapain Ancelotti.

Kepastian Ancelotti sebagai manusia peraih gelar di 4 liga top Eropa didapatkan usai mengantarkan Bayern Munchen juara Bundesliga Jerman edisi 2016/2017. Saat itu, Bayern Munchen berhasil mengunci gelar Bundesliga Jerman usai membantai Wolfsburg dengan skor 6-0.

Kemenangan itupun membuat perolehan angka Bayern Munchen tak bisa lagi dikejar oleh RB Leipzig yang menjadi pesaing utama musim itu. Sebelum menjadi juara di Bundesliga Jerman, Ancelotti sudah lebih dulu jadi juara di 3 liga top Eropa lainnya.

Dimulai dengan gelar Serie A Italia bersama AC Milan edisi 2003/04, Liga Inggris 2009/20 dengan Chelsea, serta yang terakhir adalah Ligue 1 Prancis 2012/13 milik Paris Saint-German. Satu-satunya liga top Eropa yang tak bisa ditaklukan Ancelotti adalah LaLiga Spanyol.

© sigmalive
Carlo Ancelotti raih sukses di Chelsea. Copyright: sigmaliveCarlo Ancelotti raih sukses di Chelsea.

Sebenarnya Ancelotti memiliki peluang emas untuk setidaknya menggondol satu trofi dari LaLiga Spanyol bersama Real Madrid. Sayang saat itu, Ancelotti gagal melakukannya, tetapi ia mampu melepas dahaga puasa gelar Real Madrid di Liga Champions.

Meski gagal menaklukan LaLiga Spanyol, nama Ancelotti sebagai pahlawan AC Milan akan tetap tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya pelatih yang sanggup menang di 4 liga top Eropa.