Bola Internasional

Beri Dukunganmu! SUGBK Masuk Nominasi Stadion Termegah di ASEAN

Jumat, 1 Mei 2020 16:39 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta masuk nominasi stadion termegah di ASEAN versi AFC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta masuk nominasi stadion termegah di ASEAN versi AFC.

INDOSPORT.COM - Situs resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja merilis daftar lima stadion termegah di wilayah Asia Tenggara atau ASEAN.

Dari lima stadion tersebut, salah satunya dari Indonesia yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. SUGBK bersaing dengan stadion dari Australia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Supaya bisa mememangkan nominasi menjadi yang termegah di ASEAN, seluruh pencinta sepak bola Indonesia wajib memberikan dukungan lewat vote di twitter resmi AFC.

Di laman resmi AFC, SUGBK disebut menjadi tempat arena olahraga megah karena memiliki kapasitas 80 ribu penonton. 

Sebelum direnovasi untuk menggelar Asian Games 2018 lalu, SUGBK bahkan bisa menampung hingga 120 ribu penonton. 

Tak hanya segi kapasitas penonton, SUGBK juga memiliki segudang fasilitas yang sudah berstandar Internasional.

SUGBK menjadi stadion yang sering digunakan untuk laga Timnas Indonesia menjamu tim dari negara-negara lain. Tak hanya itu, klub Liga 1 2020, Persija Jakarta, juga menggunakan SUGBK sebagai markas untuk menggelar laga kandang.

Namun, dalam pemilihan stadion termegah tersebut, SUGBK sepertinya memiliki saingan berat dari negara tetangga Malaysia.

Negara dengan julukan Negeri Jiran tersebut memiliki Stadion Nasional Bukit Jalil. Kapasitas stadion tersebut melebihi SUGBK karena bisa menampung 100 ribu penonton.

Bila melihat laga saat Timnas Indonesia dijamu Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada November 2019 lalu, stadion tersebut terlihat istimewa dengan dipenuhi oleh puluhan ribu suporter.

Meski begitu, SUGBK tetap bisa menjadi pemenang bila seluruh fan Indonesia kompak untuk melakukan vote di twitter resmi AFC.