Bola Internasional

Yanto Basna Beberkan Gaji Liga Thailand di Atas Indonesia

Jumat, 1 Mei 2020 21:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, membeberkan bahwa gaji pemain di Liga Thailand ketimbang di liga negerinya.

Yanto Basna adalah salah satu dari beberapa pemain yang memutuskan berkarier di luar negeri. Pemain asal Papua itu sudah tiga musim ia di Liga Thailand dan betah berada di sana.

Yanto Basna telah membela tiga klub berbeda yakni Khonkaen FC, Sukhothai dan saat ini bersama PT Prachuap FC. Ia memutuskan tetap berkarier di luar Indonesia karena punya mimpi besar untuk bermain di level yang lebih tinggi, merambah liga Asia seperti Jepang, Korea Selatan hingga Eropa.

Selama berada di Liga Thailand, Yanto Basna mengaku menerima bayaran lebih besar dibanding di Indonesia karena statusnya pemain asing. Namun, hal itu juga ditentukan berdasarkan performa pemain.

"Iya (bayaran) agak lebih besar di sini, tergantung kalau lama disini, harga semakin bagus," tuturnya.

"Selain itu, rata-rata mereka melihat performa selama di liga juga," sambung pemain 24 tahun itu.

Selain gaji yang bagus, Yanto Basna juga menerima fasilitas terbaik selama di Liga Thailand seperti tempat tinggal dan kendaraan untuk operasional. Meski uang bukan segalanya, ia tak menampik hal itu memotivasinya tampil lebih baik di setiap pertandingan.

"Kalau masalah fasilitas semua di sini dapat yang bagus karena statusnya pemain asing yah. Tapi, tuntutannya sangat tinggi soal penampilan," ujarnya.

"Tapi, di sini saya belajar bagaimana menjaga attitude kerja, jadi tak masalah buat saya," imbuh eks Persib Bandung itu.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, harga Yanto Basna saat ini berada dikisaran 100 ribu Euro atau Rp1,6 miliar.