Liga Indonesia

Aleks Vrteski, Kiper Timnas Australia yang Sempat Perkuat Persija

Sabtu, 2 Mei 2020 09:14 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Paul Kane/Getty Images
Aleks Vrteski, mantan kiper Persija asal Australia. Copyright: © Paul Kane/Getty Images
Aleks Vrteski, mantan kiper Persija asal Australia.

INDOSPORT.COM – Jebolan Timnas Australia, Aleks Vrteski pernah bermain di Indonesia bersama Persija. Berikut kisahnya.

Pada sekitar tahun 2012, penjaga gawang atau kiper berkebangsaan Australia Aleks Vrteski pernah memperkuat klub asal Ibu kota Indonesia, Persija.

Mungkin banyak diantara suporter Persija Jakarta yang tak mengingat hal tersebut, sebab memang Aleks Vrteski memperkuat Persija yang bermain di IPL (Indonesian Premier League), kompetisi resmi yang diakui FIFA di tengah dualisme kepengurusaan PSSI kala itu. Bukan Persija yang kini ada di Liga 1 atau dulu di Liga Super Indonesia (LSI).

Aleks Vrteski

Jika melihat rekam jejaknya, Aleks Vrteski jelas bukan pemain yang sembarangan. Setidaknya buat level Indonesia. Sebab sejak usia dini, Aleks Vrteski merupakan pemain yang dibina khusus dalam skema ‘future Glory’, oleh klub besar Liga Australia Perth Glory.

Bahkan pria kelahiran 28 September 1988 itu juga sempat mengemban ilmu di Australian Institute of Sport (AIS) sebuah tempat khusus pengembangan pemain muda yang dibentuk Pemerintah Australia.

Dengan tempaan tersebut, membuat karier junior Aleks Vrteski cukup bersinar. Menembus skuat Perth Glory di tahun 2006, dirinya tercatat sebagai pemain termuda yang bisa bermain di kompetisi tertinggi Liga Australia (A-League) kala itu dalam usia baru sekitar 17 tahun. Di rentan usia itu juga, dirinya rutin menghuni skuat Timnas Australia, dari mulai jenjang U-17 hingga U-20.

© Paul Kane/Getty Images
Aleks Vrteski, mantan kiper Persija asal Australia Copyright: Paul Kane/Getty ImagesAleks Vrteski, mantan kiper Persija asal Australia

Pada Agustus 2007, Aleks Vrteski memutuskan hijrah ke Liga Makedonia Utara untuk memperkuat klub, Pobeda Prilep. Dengan darah Makedonia Utara yang juga mengalir di tubuhnya, Aleks Vrteski sempat mencicipi bermain untuk Negara asal benua Eropa tersebut, di level Timnas Makedonia utara U-21.

Sempat Kembali ke Perth Glory pada Juli 2009, hanya bertahan sekitar semusim Aleks Vrteski kemudian memutuskan untuk mencari peruntungan di Indonesia. Bergabung ke klub Persis Solo pada bulan Desember 2010.

Bermain di kompetisi baru di Indonesia, IPL (Indonesian Premier League) yang mengusung kemandirian klub itu, Aleks Vrteski harus merasakan hanya bermain separuh musim. Usai IPL dihentikan di paruh musim, lantaran konflik dualisme PSSI yang semakin panas saat itu.

Tetapi pengalam itu rupanya tak membuatnya kapok. Aleks Vrteski masih bertahan di Indonesia, untuk memperkuat klub IPL lainnya, Persija atau yang kemudian berubah menjadi Jakarta FC.

Bersama Persija IPL itu, Aleks Vrteski lagi-lagi harus mersakan hanya bermain setengah musim. Tetapi berbeda kasus, kali itu terjadi lantaran dirinya memilih untuk Kembali ke Liga Australia. Untuk menjadi pengganti kiper klub Newcastle Jets yang mengalami cedera.

Kepergian Aleks Vrteski ke Newcastle Jets saat itu, meski sebagai pemain pinjaman, pada akhirnya juga menjadi kisah kariernya di Indonesia.

Karena setelah dari Newcastle Jets, Aleks Vrteski lebih memilih melanjutkan karier di klub Liga Australia lainnya, Stirling Lons. Sebelum akhirnya karier Aleks Vrteski terjun bebeas dengan hanya bermain di klub semi professional, seperti Inglewood United dan Gwelup Croatia sejak tahun 2016 lalu.