Liga Spanyol

Demi Dapatkan Neymar, Barcelona Wajib Pertahankan Penerus Xavi

Sabtu, 2 Mei 2020 16:37 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Buda Mendes/Getty Images
Demi bisa pulangkan Neymar dari PSG, Barcelona justru wajib pertahankan penerus Xavi Hernandez, Arthur Melo. Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Demi bisa pulangkan Neymar dari PSG, Barcelona justru wajib pertahankan penerus Xavi Hernandez, Arthur Melo.

INDOSPORT.COM - Saga transfer Neymar masih kian santer menerpa raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Demi bisa dapatkan striker asal Brasil itu dari Paris Saint-Germain, Blaugrana wajib pertahankan penerus Xavi Hernandez.

Xavi bisa dibilang sabagai salah satu pemain legendaris yang pernah membela Barcelona. Mengisi posisi sebagai gelandang tengah, dirinya berperan penting sebagai kunci kesuksesan taktik tiki-taka karena kemampuan passing-nya yang luar biasa.

Bagi Rivaldo selaku legenda pemain Brasil, ada sosok Xavi dalam diri Arthur Melo. Tak ayal dirinya berharap Barcelona mau mempertimbangkan kembali jika ingin menjual gelandang berusia 23 tahun tersebut.

"Dia (Arthur) belum menyelesaikan dua musim di sana. Dia tiba sebagai suksesor Xavi karena kemampuan bermain serupa, jadi sangat tidak masuk akal jika dia dijual saat berusia 23 tahun karena masih punya masa depan cerah," tutur Rivaldo dilansir Express.

Arthur Melo sejatinya sempat bakal dijadikan korban demi memulangkan Neymar ke Barcelona. Akan tetapi, Rivaldo tak sepaham dengan keputusan itu karena sang gelandang muda justru harus menetap di Camp Nou.

"Ada banyak rumor terkait transfer potensial Barcelona musim panas nanti dan sebagian memasukan nama Arthur untuk pergi. Tapi bagi saya, Arthur wajib tetap ada di klub jika mereka ingin datangkan Neymar karena mereka berdua sahabat baik," tambahnya lagi.

Munculnya spekulasi jika Arthur wajib dikorbankan tidak lepas akibat dari ulah Barcelona saat lakukan transfer beberapa tahun lalu. Diketahui ketika melepas Neymar ke PSG, mereka memasang harga fantastis yakni 222 juta euro (Rp3,6 triliun).

Tak heran demi bisa dapatkan kembali Neymar, Blaugrana harus korbankan beberapa pemain demi menutupi harga mahal PSG. Tapi seperti kata Rivaldo, sangat disayangkan jika Barcelona justru mengorbankan seorang Arthur Melo.

Memiliki statistik tiga gol dan tiga assist dari 16 laga Barcelona, Arthur memang memiliki keahlian layaknya Xavi dan Andres Iniesta. Dianugerahi kontrol bola luar biasa, dribble mumpuni, dan sulit dihentikan membuat bintang asal Brasil ini tak sepadan ditukar dengan Neymar