Liga Indonesia

Eks Kiper Kalteng Putra Gigih Latihan, Meski Puasa Ramadan

Sabtu, 2 Mei 2020 19:08 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Indosport.com
Logo Kalteng Putra Copyright: © Indosport.com
Logo Kalteng Putra

INDOSPORT.COM - Sempat merumput di kompetisi Liga 1 2019 bersama Kalteng Putra, kiper muda Riki Pambudi nampaknya masih gigih latihan meski harus berpuasa Ramadan.

Riki Pambudi saat ini berkostum Persiba Balikpapan di Liga 2 2020. Menariknya, ia turut menghadapi mantan timnya, Kalteng Putra di pekan awal kompetisi, sebelum pandemi virus Corona menghentikan Liga 2.

Kini bertepatan dengan momentum bulan suci Ramadan, dan tak ada pertandingan sepak bola, namun Riki Pambudi mengaku tetap latihan intens di kediamannya, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Kalau biasanya kita tetap latihan, apalagi waktu di Liga 1 (bersama Kalteng Putra), saat Ramadan tetap main. Sekarang sisi baiknya, bisa punya banyak waktu bersama keluarga,” ungkap Riki Pambudi seperti dilansir dari laman Kaltim Post.

Sementara Ramadan kali ini, tidak banyak perbedaan yang dirasakan Riki, meski ia harus berkompetisi di Liga 2 bersama Persiba Balikpapan. Umumnya, ia berlatih fisik secara mandiri dan kadang pergi ke gym.

“Kalau Ramadan ini lebih fokus penguatan otot, jadi untuk kardio dikurangi. Begitu juga dengan durasi latihan, tetap 60 sampai 90 menit. Sesekali saya berlatih di gym pada malam hari usai salat Tarawih," ujarnya.

Riki menambahkan, ia tetap mendapat materi latihan untuk kiper selama Ramadan, sesuai arahan pelatih kiper Persiba, Yanuar Hermansyah.

"Kalau di luar Ramadan biasanya kardio yang lebih difokuskan, dan programnya kemarin sudah selesai sebelum Ramadan, jadi sekarang fokusnya otot,” tutup kiper 25 tahun itu.

Latihan ini masih digenjot bahkan ketika pemain Muslim tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan, sebab Persiba Balikpapan memiliki motivasi tinggi untuk bertengger di papan atas klasemen akhir Liga 2 2020.