Liga Indonesia

Pesan Penting Dokter Tim PSIS, Malas-malasan Saat Puasa Pangkal Sakit

Sabtu, 2 Mei 2020 10:05 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Dokter Alfan Nur Asyhar saat memberi penjelasan kepada awak media di sela-sela tes medis bagi para pemain PSIS. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Dokter Alfan Nur Asyhar saat memberi penjelasan kepada awak media di sela-sela tes medis bagi para pemain PSIS.

INDOSPORT.COM - Alfan Nur Asyhar selaku dokter tim PSIS Semarang mengimbau kepada seluruh pemain supaya tetap beraktivitas secara normal selama Bulan Ramadan 1441 H.

Menurut mantan dokter Bhayangkara FC ini, di tengah kewajiban puasa bagi para pemain Laskar Mahesa Jenar yang menjalankan, mereka tidak lantas dibenarkan bermalas-malasan karena bisa berpengaruh terhadap imunitas pemain.

“Pesan saya kepada pemain saat puasa tetap istirahat cukup. Jangan bermalas-malasan saat siang hari, tetap aktivitas di rumah seperti biasa walaupun puasa,” tutur Alfan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (1/5/20).

Pernyataan Alfan ini memang cukup wajar dikarenakan ibadah puasa kerap membuat seseorang malas melakukan aktivitas dan melakukan tidur yang cukup lama di siang hari untuk mengusir rasa haus dan lapar.

Apalagi Ramadan kali ini, Alfan tidak bisa memantau pemain PSIS secara langsung karena aktivitas tim telah diliburkan sebulan terakhir akibat adanya pandemi global virus corona.

Dokter tim yang juga staf pengajar di Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) ini tak lupa berpesan kepada pemain di saat adanya wabah Covid-19. Skuat PSIS Semarang berkewajiban menjaga kebersihan diri selama Ramadan.

“Tetap jaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan dan menjaga jarak sosial apabila keluar rumah. Imunitas tetap dijaga karena jika turun akan rentan terhadap penyakit. Itulah pesan saya kepada pemain selama Ramadan,” pungkas dokter Alfan.