Liga Indonesia

Ada Persib, 5 Klub Liga 1 Dihuni Pemain Berlabel Sarjana Pendidikan

Minggu, 3 Mei 2020 16:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© getwallpapers.com/wikipedia
Ilustrasi logo Liga 1 2020. Copyright: © getwallpapers.com/wikipedia
Ilustrasi logo Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 5 klub Liga 1 2020 yang dihuni pemain berlabel Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan tersisip Persib Bandung di dalamnya.

Meski sudah lewat, pada 2 Mei (tiap tahun), Indonesia selalu memperingati momen tersebut sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Tanggal tersebut ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, seorang pelopor pendidikan dan pendiri lembaga Taman Siswa di Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 silam atau era Presiden Soekarno (almarhum).

Pendidikan memang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Karena nantinya bisa dinikmati kala sudah bekerja atau jadi pengusaha.

Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya sangat penting. Meskipun banyak sekali kendala, tetapi pemerintah Indonesia tengah berupaya membuat pendidikan Tanah Air maju.

Dunia pendidikan ternyata juga dienyam oleh pelaku-pelaku olahraga, baik itu atlet maupun seorang pemain sepak bola profesional sejauh ini.

Seperti halnya pemain-pemain di kompetisi tertinggi Indonesia Liga 1 2020 tak lepas dengan dunia pendidikan dengan membagi waktu.

Beberapa di antaranya bahkan telah menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dari sebuah universitas atau perguruan tinggi dengan melaksanakan wisuda.

Maka dari itu tak perlu berlama-lama, berikut ini merupakan deretan klub-klub Liga 1 yang ternyata dihuni oleh pemain berlabel Sarjana Pendidikan.

1. Persik Kediri

© Instagram/@persikofficial
Manajer Los Merenges Persik (kiri) Beny Kurniawan, winger Macan Putih Faris Aditama (tengah), dan CEO Persik Abdul Hakim Bafagih (kiri). Copyright: Instagram/@persikofficialEks manajer Los Merenges (kiri) Beny Kurniawan, gelandang Macan Putih Faris Aditama (tengah), dan CEO Persik Abdul Hakim Bafagih (kiri).

Pemain sekaligus kapten klub promosi Liga 1 2020 asal Jawa Timur, Persik Kediri Faris Aditama diketahui memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Faris mengambil jurusan Penjaskes di Universitas Nusantara PGRI Kediri dan lulus pada 2011 silam. Jurusan tersebut diambil karena sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti.

"Alhamdulillah, saya masih bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja kala itu," papar Faris ke awak media, September 2017 silam.

2. Arema FC

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Dedik Setiawan menjadi satu-satunya kejutan dalam pemanggilan tim nasional senior tahun ini. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTDedik Setiawan menjadi satu-satunya kejutan dalam pemanggilan tim nasional senior tahun ini.

Selanjutnya ada striker Arema FC Dedik Setiawan yang juga menjadi salah satu pemain di Liga 1 2020 mempunyai gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Meski disibukkan dengan sepak bola, tetapi tak menyurutkan kegigihan Dedik dengan mengenyam pendidikan setinggi-tingginya sebagai bekal pensiun nanti.

Dedik mengambil jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskes) di IKIP Budi Utomo, Malang, Jawa Timur, dan telah wisuda pada Juli 2019.

3. PSM Makassar

© Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORT
Kiper PSM Makassar, Syaiful Syamsuddin. Copyright: Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORTKiper PSM Makassar, Syaiful Syamsuddin.

Kemudian ada kiper klub Liga 1 2020 PSM Makassar, yakni Syaiful Syamsuddin. Dirinya menjadi salah satu pemain yang berlabel Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Syaiful telah menyandang gelar tersebut dari Universitas Negeri Makassar dan lulus pada 2017 lalu. Syaiful mengambil Fakultas Ilmu Keolahragaan.

"Sangat bersyukur pada akhirnya mampu menempuh kuliah dan mendapatkan gelar sarjana," papar Syaiful ke awak media.

4. Persela Lamongan

© Indosport/Ian Setiawan
Ahmad Bustomi sudah menyiapkan rencana jangka panjang usai pensiun nanti. Copyright: Indosport/Ian SetiawanAhmad Bustomi sudah menyiapkan rencana jangka panjang usai pensiun nanti.

Berikutnya salah satu gelandang Persela Lamongan Ahmad Bustomi juga menjadi pemain Liga 1 2020 yang menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Bustomi mengambil program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Fakultas Ilmu Eksakta dan Keolahragaan di IKIP Budi Utomo, Malang.

Eks Timnas Indonesia itu memulai kuliah pada 2008 dan baru lulus pada 2014. Namun Bustomi baru bisa menerima ijazah pada Februari 2019 lalu.

5. Persib Bandung

© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Abdul Aziz saat menghadapi Arema FC, Selasa (12/11/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTGelandang Persib, Abdul Aziz saat menghadapi Arema FC, Selasa (12/11/2019).

Terakhir ada bintang Persib Bandung Abdul Aziz. Dirinya menjadi salah satu pemain di Liga 1 2020 berlabel Sarjana Pendidikan (S.Pd).

"Karena selin sepak bola, pendidikan juga penting bagi saya buat bekal di masa depan," ujar Aziz, Juli 2019.

Aziz mengambil program studi Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Bandung, Jawa Barat. Aziz tak menutup kemungkinan lanjut program Magister (S-2).

Selain kelima pemain di atas, beberapa penggawa sepak bola Indonesia juga turut menyandang gelar sarjana atau strata satu (S-1) seperti Boaz Solossa, Feri Pahabol, hingga Imam Arief.