Bola Internasional

Luka Rotkovic, Pernah Santer ke Persija Kini Merana di Bangladesh

Minggu, 3 Mei 2020 13:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© dinamo-minsk.by
Striker asal Montenegro Luka Rotkoviv pernah santer diisukan bakal ke klub Liga 1 Persija Jakarta yang kini merana di Bangladesh. Copyright: © dinamo-minsk.by
Striker asal Montenegro Luka Rotkoviv pernah santer diisukan bakal ke klub Liga 1 Persija Jakarta yang kini merana di Bangladesh.

INDOSPORT.COM - Striker asal Montenegro Luka Rotkoviv pernah santer diisukan bakal ke klub Liga 1 2020 Persija Jakarta yang kini merana di Bangladesh.

Rumor Luka Rotkovic berlabuh ke Persija sempat terjadi jelang bergulirnya Liga 1 2019 atau lebih tepatnya pada masa-masa bursa transfer.

Kabar tersebut sempat digulirkan oleh akun media sosial Instagram @persijajakartanews, awal Mei 2019. Akun tersebut memang membahas segala aktivitas Persija.

Spekulasi makin kuat ketika Luka Rotkovic turut membubuhkan komentar di akun tersebut. Juga legenda hidup Persija Ismed Sofyan menyukainya.

"Aku siap (ke Persija)," papar Rotkovic.

© Instagram/@persijajakartanews
Kabar merapatnya Luka Rotkovic ke Persija Jakarta Copyright: Instagram/@persijajakartanewsKabar merapatnya Luka Rotkovic ke Persija Jakarta

Padahal saat itu, komposisi pemain asing Persija sudah penuh, yakni Steven Paulle (Prancis), Bruno Matos (Brasil), Marko Simic (Kroasia), dan Rohit Chand (Nepal).

Sebab kompetisi Liga 1 hanya memperbolehkan para peserta menggaet tiga pemain asing dengan negara bebas dan satu wajib berasal dari Asia (3+1).

Artinya, Persija (kala itu) harus melepas salah satu pemain asing dari negara bebas jika benar-benar ingin mendatangkan Luka Rotkovic.

Dari segi pengalaman, Rotkovic diketahui pernah bermain di ajang Kualifikasi Liga Europa 2011-12 dan 2016-17. Tentu secara mental dan pengalaman cukup menjanjikan.

Bahkan Rotkovic juga sempat meraih gelar Montenegrin Cup 2009-10 dan menjadi runner up Telekom 1. CFL 2010-11 bersama OFK Petruvac.

Sampai pada akhirnya, rumor Persija tertarik mendatangkan Rotkovic menguap begitu saja. Sebab manajemen Macan Kemayoran yakin dengan legiun asing yang ada.

Usai hampir setahun menganggur, Rotkovic akhirnya dikontrak oleh Chittagong Abahani pada 15 Oktober 2019. Namun beberapa hari kemudian malah pindah.

Berdasarkan catatan situs penyedia statistik Transfermarkt, Rotkovic malah berlabuh ke Bangladesh Police FC sejak 20 November 2019 dan tak tertulis kapan kontraknya berakhir.

Kendati demikian ada hal menarik yang bisa dicermati bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan perjalanan karier Rotkovic sejauh ini.

Pasalnya sejak bergabung dengan Bangladesh Police FC (2019-20), Rotkovic tak kunjung dipercaya bisa menceploskan satu gol pun di semua ajang.

Dari delapan pertandingan yang telah dijalani di seluruh kompetisi, Rotkovic hanya mampu mengemas satu assist dalam membela klub tersebut.

Rotkovic membukukan assist kala tampil di perempatfinal melawan Saif Sporting. Turun selama 90 menit penuh, Rotkovic membawa Bangladesh Police FC menang 1-3.

Lebih merananya lagi, Rotkovic hampir dua tahun tak mencetak satu gol pun. Terakhir dibuat ketika masih membela klub Liga 1 Belarusia Luch Minsk.

Tepatnya, 23 September 2018, Rotkovic sukses membobol gawang Dinamo Minsk dalam lanjutan pertandingan pekan ke-22 Liga 1 Belarusia dan berakhir 2-3.

Artinya, Roktovic sudah tak mencetak gol selama 588 hari hingga artikel ini ditayangkan. Sungguh catatan yang sangat buruk bagi seorang striker.

Kemungkinan keputusan Persija untuk tak mendatangkan Luka Rotkovic cukup tepat. Atau bisa saja Rotkovic tampil memuaskan kala main di Liga 1.