Liga Indonesia

3 Eks Timnas Indonesia Mantap Jadi Anggota DPRD Kabupaten/Kota

Kamis, 30 April 2020 09:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Wikipedia/INDOSPORT
Sedikitnya ada 3 eks penggawa Timnas Indonesia yang mantap jadi anggota Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) kabupaten/kota. Copyright: © Wikipedia/INDOSPORT
Sedikitnya ada 3 eks penggawa Timnas Indonesia yang mantap jadi anggota Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) kabupaten/kota.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 eks penggawa Timnas Indonesia yang mantap jadi anggota Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) kabupaten/kota.

DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerag yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah kabupaten/kota.

Anggota DPRD kabupaten/kota juga memiliki wewenang serta tugas mulai dari membentuk, merancang, mengawasi peraturan daerah, dan lain-lain.

Selain itu DPRD kabupaten/kota juga memiliki tiga hak, yakni hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat kebijakan pemerintah.

© dprd-kotimbab.go.id
Lambang/logo Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota. Copyright: dprd-kotimbab.go.idLambang/logo Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota.

Para anggota DPRD kabupaten/kota memang cukup banyak datang dari beragam latar belakang baik itu profesi sebelumnya, tingkat pendidikan, sampai apapun.

Menariknya, ada sederet mantan atlet atau pemain sepak bola yang pernah membela klub juga Timnas Indonesia turut menjadi anggota DPRD kabupaten/kota.

Sebab dunia politik dan olahraga ternyata cukup dekat sejak dari sebelum Indonesia merdeka. Kehadiran mereka diharapkan bisa memajukan dunia olahraga di daerahnya.

Berikut ini deretan anggota DPRD kabupaten/kota periode 2019-24 yang ternyata berasal dari kalangan mantan pemain Timnas Indonesia. 

1. Aris Budi Prasetyo

© Ahmad Zamroni/AFP via Getty Images
Mantan pemain Timnas Indonesia Aris Budi Praestyo kini jadi anggota DPRD Pasuruan (2019-24). Copyright: Ahmad Zamroni/AFP via Getty ImagesMantan pemain Timnas Indonesia Aris Budi Praestyo kini jadi anggota DPRD Pasuruan (2019-24).

Salah satu eks Timnas Indonesia di Piala Asia 2004 yang menjadi anggota DPRD kabupaten/kota ialah Aris Budi Prasetyo. Dirinya menjadi anggota dewan Kota Pasuruan.

Aris sempat membela Arema Malang, PKT Bontang, Petrokimia Putra, Persik Kediri, dan Persema Malang semasa masih aktif bermain sepak bola dulu.

Pasca pensiun, Aris alih profesi sebagai anggota DPRD Kota Pasuruan sejak 2014-19 dan 2019-24 (periode kedua). Pertengahan Desember 2019, Aris mengawali masa reses dengan mendengar aspirasi warga.

2. Febrianto Wijaya

© instagram
Febrianto Wijaya yang berkecimpung di dunia politik. Copyright: instagramMantan pemain Timnas Indonesia U-17 Febrianto Wijaya yang kini menjadi anggotra DPRD Mamuju 2019-24.

Kemudian ada Febrianto Wijaya yang juga merupakan eks Timnas Indonesia U-14, U-16, dan U-17 turut menjadi anggota DPRD kabupaten/kota untuk wilayah Mamuju.

Febrianto tengah menjalani periode kedua (2019-24) sebagai anggota DPRD Kabupaten Mamuju. Dirinya mantap pensiun dini pada usia 24 tahun.

Kini Febrianto dipercaya menjadi manajer akademi PSM Makassar. Pria dua anak itu sempat membela Persipura hingga Persela semasa aktif bermain dulu.

3. Kamasan Jack Komboy

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Anggota DPRD Papua, Jack Komboy saat ditemui di kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Kamis (28/05/15). Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTAnggota DPRD Papua, Jack Komboy saat ditemui di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Kamis (28/05/15).

Terakhir ada eks Timnas Indonesia dalam sosok Kamasan Jack Komboy yang juga diketahui telah menjadi anggota DPRD Papua periode 2019-24 (periode kedua).

Diketahui Jack Komboy duduk di Komisi V DPRD Papua yang membidangi Olahraga, Pendidikan, dan Kesehatan. Jack sempat dicalonkan menjadi kandidat Bupati Biak Numfor.

Semasa berkarier dulu, Jack turut membela Persipura Jayapura dan PSM Makassar saja. Bahkan sempat berseragam Timnas Indonesia (2004-05).