Liga Indonesia

Luis Milla: Indonesia Butuh Manajemen yang Total untuk Sepak Bola

Minggu, 3 Mei 2020 16:43 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih asal Spanyol, Luis Milla memberikan masukan untuk Indonesia agar dapat terus memajukan dunia sepak bola. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih asal Spanyol, Luis Milla memberikan masukan untuk Indonesia agar dapat terus memajukan dunia sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Spanyol, Luis Milla memberikan masukan untuk Indonesia agar dapat terus memajukan dunia sepak bola.

Hal itu diungkapkan oleh Luis Milla saat melakukann wawancara dengan Kick Off Indonesia yang kemudian diunggah ke YouTube pada, Sabtu (02/05/20).

Selama dua tahun menukangi Timnas Indonesia, Milla mengaku terkesan dengan banyaknya orang yang berjuang memajukan dunia sepak bola.

Salah satu sosok yang membuat Pria berusia 54 tahun itu merasa terkesan adalah Danurwindo yang saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI.

Luis Milla menyebut Danurwindo ikut andil untuk membangun pendidikan kepelatihan menjadi lebih baik. Lebih lanjut, Milla juga memberikan saran agar sepak bola Indonesia terus maju dan berkembang.

"Hal berikutnya yang harus segera dibangun adalah infrastruktur latihan. Kita tahu bahwa Spanyol mulai melesat prestasi sepak bolanya saat adanya investasi besar dalam hal infrastruktur latihan, terutama untuk pemain muda," ujar Milla.

"Indonesia punya banyak potensi untuk berkembang. Tetapi, potensi itu harus segera digarap dengan kerja keras yang sistematis. Indonesia harus segera berlari!" tegasnya.

Luis Milla berharap agar orang-orang yang bekerja di federasi sepak bola Indonesia dalam hal ini PSSI, mau menyisihkan kepetingan pribadi demi kemajuan bangsa.

"Satu kritik saya adalah untuk orang yang bekerja di manajemen. Saya paham ini bisa terjadi di mana-mana, termasuk Spanyol sekalipun. Kami beruntung di Spanyol sudah lebih dahulu berubah menjadi lebih baik," kata Milla.

"Saya lihat masih banyak yang bekerja di manajemen lebih memikirkan kepentingan segelintir saja. Indonesia butuh orang di manajemen yang total bekerja untuk kepentingan sepak bola! bukan yang lain!"

"Indonesia sudah menjadi rumah kedua saya. Orang-orang yang luar biasa dan negara yang indah. Saya selalu mendoakan agar sepak bola Indonesia dapat maju dan berjaya!" pungkasnya.

Segala masukan yang diberikan oleh Luis Milla itu tentunya sangat bermanfaat untuk kemajuan sepak bola di Indonesia.