Liga Inggris

Curi Ilmu Mourinho dan Sir Alex Ferguson, Rooney Siap Jadi Manajer

Senin, 4 Mei 2020 13:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Wayne Rooney siap menjadi pelatih setelah belajar dari dua mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho. Copyright: © INDOSPORT
Wayne Rooney siap menjadi pelatih setelah belajar dari dua mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM – Wayne Rooney dinilai sudah siap berkarier di dunia kepelatihan setelah belajar dari dua mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho, menurut legenda klub Ryan Giggs.

Ryan Giggs pernah satu tim dengan Wayne Rooney di Manchester United yang saat itu masih diambilalih oleh pelatih legendaris Sir Alex Ferguson.

Setelah Giggs dan Ferguson mentas dari Old Trafford, Rooney masih melanjutkan karier bermainnya di bawah asuhan sejumlah pelatih. Terakhir bersama Jose Mourinho, sebelum Rooney kemudian beralih ke klub MLS, DC United.

Giggs, yang kini jadi pelatih timnas Wales, menilai bahwa Rooney berupaya mengikuti jejak para mentornya, terbukti dengan kini dia kembali ke Inggris untuk mengambil peran pelatih-pemain di Derby County.

“Saya tahu Wayne Rooney tertarik (jadi pelatih). Ketika saya berada di Man United, menjelang akhir (musimnya) dia memulai mencari lisensi (pelatih),” kata Giggs dilansir dari Sport Mirror.

“Saat melihatnya melakukan sesi latihan. Dia menghabiskan banyak waktu (dengan Louis Van Gaal) di ruang analisis, tempat kami biasa mengalisis lawan.”

Giggs juga mengatakan bahwa ilmu sepak bola yang didapat dari Ferguson dan Mourinho cukup menjadi modal bagi Rooney untuk mengembangkan kariernya sebagai seorang pelatih.

“Dia telah bekerja di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Dia juga masih di sana (Man United) ketika Jose (Mourinho) datang, dan sekarang pelatih Belanda lainnya (manajer Derby County Phillip Cocu). Jadi dia akan memiliki cara melatih yang berbeda, yang juga bisa membantu," Giggs menjelaskan.

Wayne Rooney memperkuat Manchester United selama hampir 13 tahun dan telah memencatatkan 353 gol dalam 559 penampilan di semua kompetisi. Dia juga memenangkan banyak trofi, termasuk Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions.

Giggs sementara itu  berhasi menyumbangkan 13 gelar Liga Inggris dan dua kemenangan Liga Champions untuk masa baktinya selama 24 tahun di Manchester United.