Liga Indonesia

Renan Silva Ungkap Suka Duka Tinggal di Indonesia

Selasa, 5 Mei 2020 19:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Renan Silva dan Rohit Chand sedang berduel dalam laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Renan Silva dan Rohit Chand sedang berduel dalam laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Pemain Bhayangkara FC, Renan Silva menjalani musim ketiganya di Liga Indonesia pada tahun ini. Ia pun menceritakan pengalamannya selama berada di Indonesia.

Saat berkarir di Indonesia, Renan telah membela tiga klub berbeda yakni Persija Jakarta, Borneo FC, dan Bhayangkara. Selama melanglang buana, pemain asal Brasil itu selalu ditemani keluarganya yakni istri dan dua anak perempuannya.

Renan mengaku tidak masalah atau pun khawatir dengan adaptasi lingkungan serta pendidikan dua putrinya. Ia memasukan mereka ke sekolah internasional yang ada di Jakarta agar tetap mendapat ilmu.

"Keluarga saya ada bersama saya di Jakarta, termasuk dua putri saya. Keduanya saya masukkan ke sekolah internasional," tuturnya.

"Sejauh ini, keluarga saya tidak masalah dengan kehidupan di sini. Mereka bisa beradaptasi dengan baik," lanjut Renan.

Renan Silva pertama kali tiba di Indonesia pada 2018 lalu. Ketika itu ia direkrut Persija Jakarta pada putaran kedua dan langsung membawa klub Ibu Kota menjadi juara Liga 1.

Disinggung soal makanan favoritnya di Indonesia, Renan memilih dua hidangan yakni nasi goreng dan soto ayam. Menurutnya, dua kuliner nusantara itu adalah yang terbaik dan membuatnya tergila-gila.

Saat ini, Renan Silva memilih tetap berada di Jakarta dan tak pulang ke Brasil, meski tim dan liga diliburkan akibat pandemi virus corona. Ia tetap berlatih sendirian, setiap hari di rumah maupun Stadion PTIK, Jakarta Selatan untuk menjaga kondisi fisiknya.