Liga Indonesia

Bek Persija, Marco Motta Sempat Dapat Tawaran Gabung Atalanta

Rabu, 6 Mei 2020 07:26 WIB
Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek sayap Persija Jakarta, Marco Motta, menceritakan tentang pengalaman masa mudanya bersama klub Serie A Italia, Atalanta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek sayap Persija Jakarta, Marco Motta, menceritakan tentang pengalaman masa mudanya bersama klub Serie A Italia, Atalanta.

INDOSPORT.COM - Bek sayap Persija Jakarta, Marco Motta, menceritakan tentang pengalaman masa mudanya bersama klub Serie A Italia, Atalanta, 15 tahun silam.

Ya, Marco Motta merupakan lulusan Atalanta. Dia sudah bergabung dengan klub berjuluk I Nerazzurri sejak usianya menginjak 7 tahun. Bersama Hitam-Biru, Motta diperkenalkan dengan sepak bola melalui pelatih pertamanya kala itu, Raffaello Bonifaccio.

"Ketika itu saya masih bocah yang belum tahu apa-apa, tapi Atalanta melatih saya untuk menjadi pesepakbola. Saya bermain di berbagai kategori usia, itu pengalaman yang luar biasa," ujar Motta, dilansir dari Calcio Atalanta.

Marco Motta masuk tim utama Atalanta di musim 2004/2005 ketika usianya masih 18 tahun. Pelatihnya kala itu, Delio Rossi mempercayakan Motta bermain sebanyak 25 menit di laga debutnya saat menghadapi AS Roma pada laga Serie A, 9 Januari 2005.

Setelah dari Atalanta, Marco Motta melalang buana ke beberapa klub Serie A. Udinese, Torino, AS Roma dan Juventus merupakan beberapa klub tenar Italia yang pernah merasakan servis pemain yang kerap berposisi sebagai bek kanan tersebut. Selain Italia, Motta juga pernah berkarier di Liga Inggris, Spanyol, hingga Siprus.

Di tahun 2020, Marco Motta memih klub Liga 1, Persija Jakarta sebagai pelabuhan barunya. Bek berusia 36 tahun ini tak menutup kemungkinan dirinya bisa pulang ke Atalanta yang pernah menawarinya kembali ke klub masa kecilnya itu beberapa tahun lalu.

"Kembali ke Atalanta? Ketika saya berada di Catania (tahun 2012), Luca Percassi (wakil presiden Atalanta) memanggil saya dan bertanya 'apakah kamu ingin kembali ke Bergamo?'. Sayangnya, saya masih berstatus pemain Juventus dan kemudian segalanya tidak berjalan ke arah itu (kembali ke Atalanta)," imbuh Motta.

Bersama Persija Jakarta, Marco Motta sudah bermain di dua pertandingan dengan mencatatkan satu asis sepanjang Liga 1 2020.