Bola Internasional

Ingin Jadi WNI dan Bela Timnas, Marko Simic Dapat Dukungan Striker Kroasia

Rabu, 6 Mei 2020 16:46 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sempat menyatakan minat untuk menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia, Marko Simic dapat dukungan penuh dari salah satu striker Kroasia.

Marko Simic sebelumnya secara terang-terangan mengungkapkan, bahwa ia tidak keberatan menjadi WNI dan menjadi ujung tombak Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung saat wawancarai dengan media Kroasia, Jutarnji.  

“Saya bisa saja mendapatkan paspor Indonesia dalam waktu dekat dan bermain untuk tim nasional mereka,” katanya dalam sesi wawancara dengan Jutarnji.

“Itu (menjadi WNI) akan menguntungkan saya, karena sebagai orang Asia saya bisa bermain untuk berbagai klub di sana dan hal tersebut akan membantu saya menolong keluarga saya secara finansial,” lanjutnya.

Namun, rencana Simic menjadi WNI tersebut bakal terealisasi, lantaran sang pemain baru dua tahun berada di Indonesia sedangkan syarat mengajukan perpindahan warga negara setidaknya harus berada 5 tahun berturut-turut, atau 10 tahun tidak berturut-turut di Indonesia.

Meski lama, namun dukungan untuk Simic yang ingin menjadi warga negara Indonesia telah banyak muncul, termasuk dari salah seorang penyerang Timnas Kroasia, Fran Brodic.

© fctables.com
Pemain Kroasia, Fran Brodic. Copyright: fctables.comPemain Kroasia, Fran Brodic.

Kepada INDOSPORT, pemain Reggio Audace tersebut menyebut jika Simic layak membela Timnas Indonesia lantaran banyak suporter mencintai penyerang Persija itu, dan kehadiran Simic bisa memberikan dampak positif buat Timnas. 

"Benarkah? Akan selalu menyenangkan bisa bermain untuk timnas. Jika tidak ada kemungkinan baginya (Simic) bermain untuk Kroasia, tentu akan menyenangkan jika bermain untuk Indonesia," ucap Fran Brodic.

"Ya, saya pikir itu keputusan tepat. Apalagi, semua orang mencintainya (Simic), sehingga dia akan menikmati setiap laga bersama Timnas dan mungkin bisa membawa perubahan," tambahnya.

Walau belum ada wacana khusus dari PSSI untuk menggunakan jasa Simic, namun jika jebolan Dinamo Zagreb tersebut benar-benar menjadi punggawa Garuda tentu akan memberi keuntungan buat Timnas Indonesia.

Sebab, Marko Simic sepanjang karirnya di Indonesia telah menunjukkan performanya yang konsisten. Berposisi sebagai penyerang, torehan gol Simic hingga LIga 1 2020 telah mencapai 73 gol dari 85 pertandingan di semua ajang.